oleh

Aktifkan Jumat Bersih Setiap RT

BANDUNG UJUNG – Seluruh RT di Kelurahan Bandung Ujung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, diminta aktif mengadakan Jumat Bersih. Program dilaksanakan setiap satu bulan sekali secara serentak bergantian di setiap RT. Perdana program tersebut dimulai Jumat (18/1) di kantor Lurah Bandung Ujung.

Lurah Kelurahan Bandung Ujung, Ernawati,SH mengatakan kegiatan gotong royong Jumat Bersih ini dilakukan dengan maraknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ada di Kota Lubuklinggau.

“Maka dari itu saya selaku lurah mengajak RT dan warga untuk gotong royong membersihkan lingkungan agar terhindar dari nyamuk DBD,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Kelurahan Bandung Ujung juga akan membentuk kader Jumantik dengan 25 rumah 1 kader Jumantik. Tujuannya untuk mendeteksi perkembangan nyamuk, memeriksa dan membersihkan tempat yang berpotensi sarang nyamuk Aedes Aigipty. Lalu memeriksa dan membasmi jentik nyamuk dan mengubah pola pikir perilaku masyarakat agar peduli bahaya DBD.

Ernawati mengajak warganya Jumat (25/1) pukul 07.00 WIB adakan gerakan pemberantasan sarang nyamuk yang merupakan program Pemkot melalui Dinas Kesehatan. Masyarakat nantinya gotong royong bersama membersihkan lingkungan di RT masing-masing dalam rangka memberantas sarang nyamuk yang serentak. Baik pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, Kelurahan, maupun tingkat RT sama-sama melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

Bagi warga yang ingin membuang sampah, Lurah Bandung Ujung telah menyediakan motor sampah bantuan dari Pemkot Lubuklinggau tahun 2017. Motor itu akan mengangkut sampah warga khususnya di Kelurahan Bandung Ujung l. (adi)

Rekomendasi Berita