oleh

Aktif Mediasi Selesaikan Masalah Penggunaan Anggaran Dana Desa

Polsek Diminta Pantau DD

Kapolres Lahat, AKBP. Roby Karya Adi, SIK menyerukan agar jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) berikut Bhabinkamtibmas yang ada se-Kabupaten Lahat untuk terus memantau dan mengawasi pengelolaan Dana Desa (DD) di wilayah hukumnya masing-masing.

Laporan Edwin Agustian, Lahat

Pernyataan itu disampaikan Kapolres usai melantik pejabat Kapolsek baru Pseksu, Iptu. Hendrinadi, Kamis (16/11).

“Ini menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) Polri bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengenai Dana Desa bulan Oktober lalu,” terangnya.

Sebagaimana disampaikan Kapolri sebelumnya, Roby mengingatkan bahwa pendekatan utama bagi petugas Polres, Polsek maupun Bhabinkamtibmas dalam pengamanan ini adalah pencegahan. Selain itu, Bhabinkamtibmas juga ikut memfasilitasi penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan mengawasi serta ikut aktif mediasi untuk menyelesaikan masalah penggunaan dana yang bersumber dari APBN ini.

“Apabila ada penyalahgunaan atau penyimpangan terhadap DD ini, segera proses,” tegasnya.

Lebih lanjut Pamen dengan melati dua di pundaknya ini juga memerintahkan agar jajaran Polsek dan Bhabinkamtibmas senantiasa berkoordinasi dan bersinergi dengan para tokoh masyarakat Desa yang ada, terkait pencegahan penyalahgunaan Dana Desa tersebut.

“Mari kita sukseskan MoU ini dengan penuh tanggung jawab,” ajaknya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita