oleh

Akreditasi Puskesmas Terganjal SDM

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Akreditasi Puskesmas masih terganjal. Sedikitnya 8 Puskesmas di Kabupaten Musi Rawas yang mengikuti proses akreditasi program dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Musi Rawas, Hj Mifta Hulummi melalui Kepala Seksi Peningkatan Mutu Akreditasi dan Jaminan Kesehatan, Marnawati mengatakan bahwa sudah ada empat Puskesmas yang dilakukan penilaian akreditasi. Tinggal empat Puskesmas lagi yang belum.

“Puskesmas yang sudah dinilai tahun 2017 antara lain Muara Lakitan, Puskesmas Jayaloka, Puskesmas Air Beliti, dan Puskesmas TPK. Sementara Puskesmas yang belum akan dinilai akhir November ini yaitu Puskesmas Muara Kelingi, Cecar, Ciptodadi, dan Megang Sakti,” kata Marnawati kepada Linggau Pos, Sabtu (11/11).

Marnawati mengatakan untuk Puskesmas yang belum dilakukan penilaian persiapannya sudah mencapai 80%, sehingga tinggal menunggu penilaian saja.

“Kalau untuk anggaran, sebenarnya anggaran pastinya tidak ada, hanya saja anggaran tersebut digunakan saat proses tahapan mulai dari sosialisasi, penggalangan komitmen, workshop, pemahaman standar akreditasi, penyusunan dokumen, kemudian pendampingan. Kalau yang lainnya tidak ada,”paparnya.

Kemudian, anggaran juga digunakan untuk persiapan kedatangan komisi.

“Kendala tentu saja ada, khususnya di bangunan karena kebanyakan bangunan kita dibangun sejak zaman dulu. Kalau dulu bangun Puskesmas tidak ada standar penetapannya. Namun sekarang sudah ada dan itu diatur langsung oleh PMK No. 75 tentang Standar Puskesmas,” ungkapnya.

Kendala lain yaitu SDM, SDM di Puskesmas sendiri menurut Marnawati, masih kurang, seperti tenaga dokter, ahli gizi, analis dan yang lainnya.

“Kita belum cukup untuk memenuhi SDM sesuai dengan standar tersebut, makanya kita kedepan berusaha agar SDM tersebut mencukupi,” imbuhnya.

Dan yang tidak kalah pentingnya yaitu menyatukan persepsi, di mana menyatukan persepsi untuk semangat dalam bekerja ini masih kesulitan.

“Selama ini mungkin bekerjanya santai, tapi dengan adanya akreditasi ini tidak bisa lagi, makanya banyak sekali yang harus dibenahi ketika Puskesmas sudah dilakukan akreditasi,”imbuhnya.

Sementara itu, KUPT Puskesmas Cecar, Darusmansyah mengatakan persiapannya sudah cukup matang tinggal menunggu hari H nya lagi.

“Berbagai persiapan sudah kita lakukan, semoga semuanya berjalan dengan lancar. Apa yang menjadi kriteria, semuanya sudah persiapkan. Insya Allah bisa mendapat nilai yang baik,”tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita