oleh

Akan Dibangun Empat Pasar Tradisional

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Musi Rawas (Mura), memastikan akan membangun empat pasar baru tradisional di Kabupaten Mura.

Pelaksanaannya tinggal menunggu proses pelelangan proyek, guna memberikan kesempatan kepada rekanan memberikan penawaran biaya pembangunan proyek keempat pasar tersebut.

Keempat pasar baru tradisional yang akan dibangun nanti, yaitu di Desa Marga Baru Kecamatan Muara Lakitan, Desa Kota Baru Kecamatan BTS Ulu, Desa Mekar Sari Kecamatan Megang Sakti dan Desa Temuan Sari Kecamatan Muara Kelingi. Demikian disampaikan Kepala Disperindag Kabupaten Mura, H Nito Maphilindo, Jumat(4/5)

Menurut H Nito, untuk pembiayaan pembangunan proyek itu bersumber dari APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Untuk jenis bangunan pasar tradisional yang akan dilaksanakan bersifat permanen, sehingga masyarakat yang memanfaat tempat itu untuk berjualan lebih nyaman, mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

Lamanya proses untuk mendapat anggaran pembangunan pasar baru tradisional ini, memakan waktu, pikiran dan tenaga. Karena setiap tahun Disperindagsar menyampaikan usulan ke Kementerian Perdagangan RI di Jakarta, dengan harapan di setiap Kecamatan Kabupaten Mura memiliki pusat perekonomian masyarakat.

Menurut H Nito, desa atau kecamatan yang diusulkan untuk dibangun pasar tradisional adalah desa yang sudah memiliki lahan sendiri, dengan dibuktikan kepemilikan tanah desa berbentuk sertifikat.

”Sebab pihak Kementerian Perdagangan RI tidak akan memberikan bantuan dana untuk pembangunan pasar kepada desa atau kecamatan yang tidak memiliki tanah sendiri. Karena dikhawatirkan menimbulkan masalah dan konflik pengakuan hak terhadap lahan yang dijadikan lokasi pasar oleh masyarakat,” jelas H Nito.(11)

Rekomendasi Berita