oleh

Ajaran Baru, Sekolah di Musi Rawas Tatap Muka

LINGGAUPOS.CO.ID – Meski masih pandemi Covid-19, sekolah Paud, SD dan SMP di Musi Rawas boleh melaksanakan belajar mengajar secara tatap muka, mulai ajaran baru nanti.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas, Irwan Evendi, Rabu (19/5/2021).

Dikatan Irwan, pihaknya telah mengajukan nota dinas ke Bupati Musi Rawas. Supaya Bupati mengizinkan sekolah tatap muka pada ajaran baru tahun 2021. “Sepertinya sudah turun, dan diperbolehkan sekolah tatap muka,” kata Irwan.

Hanya saja lanjutnya, sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sekolah harus menyiapkan fasilitas cuci tangan, siswa wajib masker. Kemudian jumlah siswa harus masuk secara bergatian atau hanya 50 persen dari kapasitas kelas.

“Soal simulasi dari dulu kita sudah siapkan, bahkan seluruh sekolah sudah siap, untuk melaksakan belajar luring atau tatap muka. Termasuk izin orang siswa sudah disiapkan oleh sekolah,” lanjutnya.

Maka teknis apakah sistem genap ganjil dan sebagainya itu diserahkan ke sekolah masing-masing. “Kalau tidak ada halangan semua sekolah baik negeri dan swasta sudah laksanakan sekolah tatap muka pada ajaran baru nanti, tapi jika ada edaran baru dari gubernur bahwa di Sumsel ditunda untuk tatap muka. Maka akan kita ikuti atau kita menyesuaikan,” katanya.

Masih kata Irwan, untuk tenaga guru sudah dilakukan vaksinasi covid-19. Hanya saja ada beberapa sekolah masih dalam proses vaksinasi.

“Jumlah guru di Musi Rawas cukup banyak, di sekolah negeri saja SD dan SMP sekitar 2.000 orang, belum lagi sekolah swasta. Terkait jumlah berapa yang sudah divaksin kita  belum tahu. Tapi mayoritas sudah divaksin,” ungkapnya.(*)

Rekomendasi Berita