oleh

Ajang Kebangkitan Nilai Religius di Muratara

MTQ V Muratara

BUPATI Musi Rawas Utara (Muratara), H Syarif Hidayat membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) V Tingkat Kabupaten Muratara, Senin (4/2).

Kegiatan ini diadakan 4-8 Februari 2019. Pemenang dalam lomba ini akan menjadi perwakilan Kabupaten Muratara dalam MTQ Tingkat Sumsel XXV.

Acara terpusat di Kelurahan Karya Makmur, Kecamatan Nibung itu dihadiri Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Muratara H Ikhsan Baidjuri, Sekda Muratara H Zainal Arifin Daud, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perwakilan Polres Musi Rawas (Mura), Perwakilan Dandim 0406 MLM, para camat, lurah, kades dan masyarakat.

Salah satu kafilah MTQ V Kabupaten Muratara defile sembari menyapa tamu undangan.

H Syarif Hidayat yang juga Bapak Santri Sumsel, mengungkapkan pelaksanaan MTQ bukan hanya sekadar lomba. Namun, kata dia, MTQ ajang kebangkitan nilai religius di Muratara.

“Selain sebagai syiar agama dan menyampaikan pesan Islam. Kita harus menjadikan Alquran ini sebagai filter kemajuan dan teknologi. MTQ harus dijadikan ajang kebangkitan nilai religius di Muratara,” katanya, kemarin (4/2).

H Syarif Hidayat meminta, pelaksanaan MTQ V dijadikan sebagai pondasi perubahan ke arah kebaikan.

Bupati Muratara, H Syarif Hidayat menyampaikan sambutan saat pembukaan MTQ V Tingkat Kabupaten Muratara, Senin (4/2).

“Kami harap pelaksanaan MTQ bisa membawa kebaikan untuk mewujudkan masyarakat Muratara yang Qurani,” tegasnya.

Bupati mengungkapkan Pemkab Muratara mengapresiasi pelaksanaan MTQ V. April 2019 mendatang akan ada pelaksanaan MTQ XXV tingkat Provinsi Sumsel di Muratara.

“Mari kita sukseskan pelaksanaan MTQ Tingkat Muratara dan MTQ Tingkat Sumsel nantinya. Semoga Muratara bisa jadi juara. Semoga dengan MTQ ini, bisa bermanfaat dan mari bersama-sama menyosialisasikan Islam itu indah,” pinta Bupati.

H Syarif Hidayat meminta seluruh juri memberi penilaian dengan jujur, objektif dan bertanggung jawab.

Penyerahan piala bergilir oleh Kecamatan Rupit sebagai Juara Umum MTQ IV kepada Bupati Muratara, H Syarif Hidayat Senin (4/2).

“Semoga pelaksanaan MTQ ini bisa melahirkan qori-qoriah, hafiz dan hafizah di wilayah Muratara,” imbuhnya.

Sementara itu Kabag Kesra Muratara, Khoirudin mengatakan pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ini diikuti 334 peserta dari tujuh kecamatan di Muratara.

Menurut Khoiruddin, MTQ ini bisa meningkatkan penghayatan Alquran, mental spiritual, memperluas syiar agama dan menyebarkan semangat membaca Alquran di masyarakat. Peserta yang mengikuti MTQ, berasal dari peserta seluruh cabang yang diperlombakan tiap kecamatan. (cw3/lik)

Rekomendasi Berita