oleh

Ajak Warga Terapkan PHBS

SIDOREJO – Puskesmas Sidorejo dan Kader Posyandu Kelurahan Sidorejo adakan kegiatan posyandu bulanan, Rabu (10/7). Kegiatan posyandu Balita dan Lansia ini diikuti oleh warga dari pukul 09.30 WIB sampai selesai, di Posyandu Mawar 3 di Balai Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Ketua Kader Posyandu Mawar 3, Diana mengatakan kegiatan yang dilakukan Puskesmas Sidorejo dan kader Posyandu Kelurahan Sidorejo ini, rutin setiap bulannya yang berguna untuk memantau tumbuh kembang anak dari bayi umur 0 sampai 12 bulan, balita umur 0 sampai 5 tahun, dan Posyandu lansia.

“Hanya saja kali ini, kader posyandu Puskemas Sidorejo tidak hanya melakukan posyandu, namun juga memberikan penyuluhan dibidang Kesehatan Masyarakat (Promkes) dengan narasumber Eka Gustrianti, tentang Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) rumah tangga,” ungkapnya.

Dijelaskan Eka, saat memberikan penyuluhan, salah satu indikator untuk perilaku PHBS, yakni mencuci tangan dengan air bersih dan sabun. Kebiasaan ini dapat menghindari dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

“Selain itu juga dengan menggunakan jamban sehat, memberantas jentik secara rutin agar terhindar dari DBD, menggunakan air bersih yang digunakan sehari-hari untuk minum dan makan, melakukan aktivitas fisik setiap hari seperti melakukan olahraga,” ungkapnya. (adi)

Rekomendasi Berita