oleh

Ajak Umat Muslim Jaga Lingkungan

LINGGAU POS ONLINE- Masyarakat Tanjung Beringin Kelurahan Pasar Kecamatan Tebing Tinggi, laksanakan salat kusuf atau salat gerhana matahari cincin. Salat dilaksanakan setelah Salat Zuhur di Masjid Al-Huda Tanjung Beringin, Kamis (26/12).

H Andi Aziz Saidi, Imam sekaligus Khatib menjelaskan fenomena alam gerhana tersebut menjadi tanda-tanda kesempurnaan ciptaan Allah. Namun juga bisa menjadi peringatan Hari Kiamat.

“Masjid kita ini sudah tiga kali mengadakan salat gerhana dua diantara salat gerhana matahari dan satunya lagi pernah juga salat gerhana bulan. Kita memang rutin mengadakan, karena bisa jadi gerhana hanya terjadi satu kali dalam hidup kita,” jelas Andi.

Ia mengajak jemaahnya, jadikan fenomena alam tersebut sebagai peringatan untuk selalu menjaga lingkungan, menjaga bumi agar tidak rusak. Sebab kalau bumi rusak, maka akan banyak bencana yang bisa saja terjadi, yang tentunya merugikan umat manusia.

“Harus banyak istigfar, taubat, dan banyak sedekah. Bisa jadi ini peringatan untuk kita agar bisa menjaga bumi dan bulan,” ungkapnya.

Sementara Rizki, salah seorang jamaah mengaku salat gerhana cincin yang baru saja ia ikuti merupakan pengalaman pertamanya.

“Semoga gerhana matahari cincin ini fenomena alam biasa, bukan tanda Kiamat seperti apa yang disampaikan khatib tadi. Hanya saja kita sebagai umat beragama, menyikapi fenomena alam ini dengan banyak bersyukur dan bertaubat dan mengingat kebesaran sang maha pencipta,” tegas Rizki.

Laporan Kayan Manggala

Rekomendasi Berita