oleh

Ajak Pelajar Jauhi Narkoba

DPK Gepenta Komitmen Selamatkan Anak Bangsa

Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba dan Tawuran (Gepenta) Musi Rawas komitmen ajak pelajar jauhi Narkoba dan tawuran. Apa upaya yang mereka lakukan?

Laporan Riena Fitriani Maris, B Srikaton

UPAYA yang dilakukan DPK Gepenta untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba, dilakukan dengan pendekatan preventif. Salah satunya dilakukannya sosialisasi di SMPN B Srikaton, Kecamatan Tugumulyo, Rabu (18/4).

Ketua DPK Gepenta Kabupaten Musi Rawas, Drs Abd Manan sosialisasi itu diadakan sesuai dengan tugas dan fungsi mereka.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala BNN Kabupaten Musi Rawas yang diwakili Nuri, Kepala Kesbangpol Kabupaten Musi Rawas David Pulung, Camat Tugumulyo Imam Musadar, serta Koramil dan Kapolsek Tugumulyo AKP Dedi Purma Jaya.

Kepala SMN B Srikaton, Mukhsin mengapresiasi Gepenta, yang menjadwalkan kegiatan sosialisasi di sekolah mereka.

Lebih dari 50 guru serta 200 pelajar ikut menyimak setiap materi sosialisasi ini.

“ Kami berharap, sosialisasi ini memberikan tambahan pemahaman kepada pelajar agar terhindar dari pengaruh narkoba,” Abd Manan.

Sembari membuka kegiatan itu, Abd Manan juga menceritakan latar belakang berdirinya Gepenta.

“Gepenta ini terbentuk atas dasar perintah Kapolri tahun 1999, kepada Mayjen Pol Sumaning Kalit. Atas dasar itu ia menetapkan personil Gepenta di Jakarta. Sejak saat itu, dibentuk juga di setiap provinsi, kabupaten/kota termasuk di Provinsi Sumatera Selatan, hingga ke Kabupaten Musi Rawas,” jelasnya.

Berdasarkan SK DPP Gepenta 9 November 2009, No Skep/21/II/2009/ DPP Gepenta masa bakti 2009-2014 sudah diperpanjang dengan masa bakti 2016-2021.

“Atas dasar ini juga kami konsisten melaksanakan tugas dengan mengadakan sosialisasi, tentang bahaya Narkoba dan tawuran. SMPN B Srikaton kita pilih, karena berdasarkan data yang ada pelajar dan mahasiswa rentan terlibat masalah narkoba,” jelasnya.

Ia tidak ingin pelajar di Musi Rawas, yang terlibat kasus Narkoba atau tawuran. (*)

Rekomendasi Berita