oleh

Ajak Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Bencana Kebakaran

LINGGAU POS ONLINE, SETIA MARGA – Menghindari terjadinya bencana kebakaran di wilayah Desa Setia Marga Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Pemerintah Desa (Pemdes) Setia Marga mengadakan sosialisasi kewaspadaan bencana kebakaran, Rabu (5/9).

Sosialisasi ini, dilakukan karena minggu lalu ada empat rumah warga Kelurahan Karang Dapo dan satu rumah di Kelurahan Pasar Surulangun Kecamatan Rawas Ulu yang ludes terbakar. Penyebabnya diduga disebabkan korsleting listrik.

Kepala Desa (Kades) Setia Marga, Bambang Hadiyanto mengungkapkan, kegiatan sosialisasi kewaspadaan terhadap bencana kebakaran ini, sebagai upaya Pemdes dalam mengajak masyarakat menghindari terjadinya bencana kebakaran. Salah satunya dengan memberikan informasi-informasi penyebab kebakaran dan antisipasi menghindarinya.

“Sosialisasi ini dianggap penting mengingat terkadang bencana kebakaran disebabkan oleh kelalaian kita, maupun perilaku yang kurang tepat dalam hal penggunaan peralatan listrik. Akibatnya terjadi korsleting yang berujung kebakaran,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bambang menambahkan acara sosialisasi yang merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat di isi oleh Camat Karang Dapo, Hermanto. Juga dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muratara, Yulfikri dan Kapolsek Karang Dapo, Iptu Yani Iskandar.

“Alhamdulillah, antusias masyarakat tinggi dalam mengikuti sosialisasi tersebut. Mudah-mudahan dengan sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman akan kewaspadaan akan penyebab kebakaran dan upaya menghindarinya,” harap Bambang.(asd)

Rekomendasi Berita