oleh

Ajak Masyarakat Gemari Makan Ikan

LINGGAU POS ONLINE – Banyak cara untuk menggelorakan masyarakat agar menyukai menu makanan berbahan ikan, salah satunya lomba memasak di Kecamatan Sumber Harta, pesertanya adalah para ibu TP PKK Desa. Kegiatan tersebut diikuti oleh sembilan desa dan satu kelurahan.

Camat Sumber Harta, Sutarmin mengatakan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) bertujuan membudayakan makan ikan bagi masyarakat, terutama kaum muda dan anak untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak.

Sedangkan tujuan lomba masak serba ikan, dijelaskannya agar terciptanya inovasi baru dalam mendapatkan varian menu baru berbahan dasar ikan. Karena bukan hanya daging ikan saja yang bisa dikonsumsi, tetapi hampir seluruh bagian ikan bisa dikonsumsi dengan menu bermacam-macam.

“Kegiatan ini agar masyarakat sadar terhadap kebutuhan makan ikan, dan menyukai bahan pangan yang berasal dari ikan,” kata Sutarmin kepada koran ini, Kamis (8/8).

Menurutnya, bila bahan pangan yang berasal dari ikan memiliki kandungan gizi yang komplit. Serta memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak.

“Kegiatan ini agar terus digalakan, dan semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat,” harapnya.

Kepala Dinas Perikanan Mura, Bambang menyambut baik Kampanye Gemarikan yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Sumber Harta. Konsumsi ikan yang rendah merupakan salah satu masalah di Kabupaten Mura.

“Dengan mengolah ikan menjadi berbagai jenis olahan, diharapkan dapat menarik minat masyarakat khususnya anak-anak untuk mengonsumsi ikan,” harapnya. (dlt)

Rekomendasi Berita