oleh

Ajak Anak Jaga Kesehatan Gigi Sejak Dini

LINGGAU POS ONLINE, CEREME TABA – Menggosok gigi merupakan salah satu kebiasaan sehat yang harus dilakukan oleh setiap orang. Kebiasaan baik tersebut sebaiknya mulai ditanamkan pada anak sejak usia dini sehingga akan menjadi kebiasaan ketika sudah tumbuh dewasa.

Pentingnya menjaga kesehatan gigi memang erat kaitannya dengan tumbuh kembang anak. Jika gigi dan mulut sehat maka proses pengolahan makanan akan berlangsung dengan baik sehingga penyerapan nutrisi bisa optimal.

Nah, mengajak anak dalam menjaga kesehatan gigi rutin dilakukan oleh RA Ummi kepada anak-anak didiknya. Karena selain mengutamakan pendidikan keagamaan anak-anak sejak dini, karena sesuai dengan tujuannya untuk melahirkan generasi cerdas dan Islami. Raudhatul Athfal (RA) Ummi Lubuklinggau juga mengedepankan menjaga kesehatan anak-anak didiknya sejak dini, terutama kesehatan gigi.

“Tentunya kita juga mengajarkan kepada anak–anak sejak usia dini ini akan pentingnya menjaga kesehatan. Dan kita mulai dari hal yang sederhana, misalnya cara cuci tangan yang bersih, rutin sikat gigi minimal dua kali sehari dan setelah makan, mandi dua kali sehari, mengajarkan kepada mereka jangan membuang sampah sembarangan, kegiatan makan sehat dan bergizi tiap minggunya dan lain,” kata Kepala RA Ummi, Aprita Sari.

Aprita juga menjelaskan menjaga kesehatan gigi sejak dini perlu diajarkan kepada anak-anaknya. Untuk itu, ia mengatakan RA Ummi rutin melaksanakan kegiatan sikat gigi bersama setiap hari Jumat. Bahkan terkadang pihak kesehatan dari Puskesmas memeriksa dan memberikan penyuluhan kepada anak-anak, mulai dari makan bergizi, kesehatan gigi dan lainnya.

“Kesehatan gigi anak-anak sangat penting untuk diperhatikan oleh guru di sekolah dan orang tua. Karena jika tidak diperhatikan akan berdampak kurang baik bagi kesehatan anak-anak. Untuk itu kita rutinkan anak-anak untuk menggosok gigi bersama di sekolah, agar anak-anak dapat terbiasa menjaga kesehatan giginya dan terhindar dari kerusakan gigi sedini mungkin,” paparnya.

Lanjutnya, oleh karena itu, pemberian informasi mengenai kesehatan gigi dan mulut harus selalu dilakukan terutama saat masa kanak-kanak agar anak dapat membuat hal sederhana ini menjadi sebuah kebiasaan baik yang nantinya akan menjadi budaya dalam keluarga mereka di rumah.

“Saya berharap semoga apa yang telah kami berikan kepada anak didik ini bisa terus diingat bahkan diamalkan oleh anak didik. Sehingga mereka nantinya menjadi generasi yang cerdas, Islami dan berakhlakhul kharimah,” harapnya. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita