oleh

Agar Penyerapan Anggaran Tepat Sasaran

OPD Harus Maksimalkan Program

Fraksi Partai Hanura DPRD Kabupaten Musi Rawas, menekankan kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas, untuk mengoptimalkan masing-masing program mereka. Agar kedepan, bisa mengakomodir seluruh kebutuhan masyarakat.

Laporan Riena Fitriani Maris, Muara Beliti

Juru bicara fraksi Partai Hanura DPRD Kabupaten Musi Rawas, Eli Marlina dalam rapat paripurna menyampaikan, pihaknya meminta pemerintah lebih ketat dalam mengawasi program yang dikerjakan oleh masing-masing OPD.

“Tujuannya, agar penyerapan anggaran di masing-masing OPD maksimal dan tepat sasaran, serta bisa mengurangi Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA),” tegasnya.

Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas, Ngadi membenarkan saat rapat paripurna dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi dewan, hal yang menjadi sorotan fraksi Partai Hanura adalah, optimalisasi masing-masing program yang ada di OPD.

Hal ini, dikatakan Ngadi, salah satu yang mereka soroti agar kedepan setiap OPD mampu lebih optimal dalam melaksanakan program mereka.

“Yang artinya mereka (OPD, red), dituntut untuk betul-betul memaksimalkan anggaran yang dialokasikan ke mereka. Agar kedepan, seluruh kegiatan yang akan mereka laksanakan lebih maksimal,” kata Ngadi, Jumat (1/12).

Tidak hanya harus optimal, ia juga membenarkan kalau pihaknya juga memberikan penekanan kepada masing-masing OPD untuk mengantisipasi adanya SILPA.

“Bukan berarti selama ini mereka ada SILPA. Tetapi kita mengingatkan pemerintah, agar jangan sampai ada SILPA. Salah satu cara mengantisipasinya, ya tentu dengan mengoptimalkan penggunaan anggaran dan berdampak dengan maksimalnya kegiatan yang dilaksanakan di setiap OPD,” tegasnya.

Terakhir, Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Musi Rawas ini juga meminta agar masing-masing OPD dalam melaksanakan program mereka bisa meng-cover hasil dari Musrenbang tingkat desa, kelurahan maupun kecamatan. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita