oleh

Afni : Izin Harus Dikeluarkan OSS

CURUP – Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu PIntu (DPMPTSP) Kabupaten Rejang Lebong, Afni Sardi menjelaskan, pasca diterbitkan Peraturan Pemerintah (PP) No.24 Tahun 2018 tentang perizinan, izin usaha harus terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS).

“Jadi sistem perizinan online, ada lembaga dari OSS yang berkewenangan menerbitkan izin, jadi semua izin yang keluar harus terintegrasi dengan OSS, tidak ada lagi yang manual,” jelas Afni Sardi.

Dipaparkan Afni, terhadap izin yang sudah dikeluarkan sebelum PP No.24 2018 terbit, akan diperbaiki dengan sistem agar izin tersebut bisa berlaku.

“Kalau izin belum dikeluarkan oleh OSS izin tersebut tidak berlaku, meskipun dalam izin sebelumnya massa berlakunya masih,” tuturnya.

Ia mengaku, untuk kalangan usaha yang akan melakukan pengurusan izin melalui OSS bisa meminta bantuan pada dinasnya tanpa dipungut biaya pada jam kerja. Bisa juga yang bersangkutan menggunakan sendiri melalui aplikasi yang ada di rumah.

Menurutnya, izin yang belum dikeluarkan oleh OSS di Kabupaten Rejang Lebong ini masih banyak. Oleh sebab itu, melalui kecamatan, kelurahan hingga ke desa pihaknya terus melakukan sosialisasi agar diketahui oleh pelaku usaha yang belum mengetahui hal itu.

“Kita tempel spanduk-spanduk pemberitahuan ke kecamatan, kelurahan dan desa agar pelaku usaha bisa segera mengurusnya, kita siap membantu, silakan yang bersangkutan datang ke kantor tanpa dipungut biaya alias gratis,” tambah Afni. (sam)

Rekomendasi Berita