oleh

Ada Bacaleg Mantan Napi

Divisi Pencegahan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Empat Lawang, Andri Logan.
“Dari seluruh Bacaleg yang masuk DCS ada satu Bacaleg yang merupakan mantan Nara Pidana (Napi) namun dia sudah memenuhi persyaratan memublikasikan ke media massa….”

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Sampai saat ini, belum ada tanggapan dari kalangan masyarakat terkait Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang menyampaikan ke Bawaslu Empat Lawang. Hal itu disampaikan Divisi Pencegahan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Empat Lawang, Andri Logan, Selasa (11/9).

Andri Logan mengatakan berdasarkan PKPU No. 20 KPU Empat Lawang memanggil pimpinan partai Bacaleg untuk mengklarifikasi tanggapan apabila memang ada tanggapan dari masyarakat.

“Apabila memang ada tanggapan dari kalangan masyarakat terkait Bacaleg yang sudah masuk dalam DCS maka itu wewenang KPU berdasarkan PKPU No. 20, sebelum ditetapkan Daftar Calon Tetap (DCT),” jelas Andri Logan.

Andri Logan mengakui dari seluruh Bacaleg yang masuk DCS ada satu Bacaleg yang merupakan mantan Narapidana (Napi) namun dia sudah memenuhi persyaratan memublikasikan ke media massa.

“Semenjak ditetapkan DCS ada waktu sanggahan maupun tanggapan dari kalangan masyarakat, memang ada satu mantan Napi berdasarkan pemantauan kita, Bacaleg tersebut sudah masuk ke DCS,” ujarnya.

Memang masih kata Logan, wewenang mengenai tanggapan dari masyarakat itu subtansi dominan KPU Empat Lawang, sedangkan Bawaslu hanya memantau.

” Namun yang jelas kita tetap pantau setiap perkembangan di KPU bahkan apabila memang ada pelanggaran jelas kita tegur,” jelasnya.

Sedangkan Ketua KPU Empat Lawang, Ali Amin dikonfirmasi mengatakan mereka menerima tanggapan terkait DCS Bacaleg, namun bentuknya surat kaleng dari masyarakat.

“Untuk tanggapan masyarakat mengenai DCS kita baru menerima surat kaleng dari masyarakat,” terang dia. (cw02)

Rekomendasi Berita