oleh

Ada 164 Hotspot di Musi Rawas, Totalnya Sudah 25 Hektar Lahan Terbakar

LINGGAU POS ONLINE – Sampai dengan pertengahan September 2019, di Musi Rawas terdata 164 titik panas/api atau hotspot. Begitu data yang disampaikan Badan Pendagulangan Bencana Daerah (BPBD Musi Rawas, Senin (16/9/2019).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Musi Rawas Eko Sepriwan kepada Lingau Pos Online menjelaskan, berdasarkan data yang didapatkan dari Lapan, jumlah hotspot September ini, sudah lebih dua kali lipat dari Agustus.

“Sejak Maret sudah terdeteksi adanya titik api, namun baru satu. Kemudian April ada tiga titik. Mei mencapai 28 titik, Juni tujuh titik, Juli 14 titik hingga Agustus ada 70 titik. September ini baru setengah bulan sudah 164 titik,” jelasnya.

Penyebab naiknya titik api dijelaskan Eko, tentunya karena kemarau yang berkepanjangan. Namun pihaknya tetap komitmen memadamkan kebakaran lahan yang terjadi.

Terpisah Dandim 0406 MLM Letkol Inf M Aan Setiawan menjelaskan berdasarkan pantauan pihaknya di Musi Rawas terdata sekitar 25 lahan yang terbakar. “Titiknya terpisah-pisah. Kondisi ini juga yang mempersulit proses pemadaman,” kata Dandim saat ditemui usai Salat Istisqa di Polres Lubuklinggau, Senin (16/9/2019). (*)

Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita