oleh

Acara Pertama Kumpul Keluarga, Lalu Ziarah ke Makam Sang Ayahanda

Dari Acara Penyambutan Ahok di Jakarta dan Belitung Timur

Acara penyambutan kebebasan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok tidak hanya terjadi di Jakarta saja. Namun juga dirasakan warga sekitar Jalan KA Bujang, Desa Gantung, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Provinsi Bangka Belitung (Babel), kediaman keluarga BTP.

Muchlis Ilham/Tim FIN- Belitung Timur/Jakarta

Ahok kini sudah berganti nama, sebutan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) merupakan nama yang ingin disematkan pada dirinya setelah bebas menjalani masa tahanan pada Kamis (24/1) pagi. Sebuah kabar akan kepulangan BTP, membuat warga berkumpul di kediaman keluarganya di Jalan KA Bujang, Desa Gantung.

Pantauan Belitong Ekspres (FIN Group), sejumlah orang berkumpul di suasana kediaman keluarga BTP. Halaman rumah berlantai dua itu terlihat sepi.Pintu gerbang setengah terbuka tanpa ada penjagaan. Sementara pintu pagar bagian samping, tertutup tanpa kunci.

Rumah itu juga terlihat terkunci dan hanya ada satu pintu plus jendala pada lantai dua yang terbuka.

Dari dalam rumah, terlihat dua orang pembantu yang terlihat bersih-bersih di halaman dan kamar lantai dua berkaca bening.

Di dekat rumah keluarga BTP juga terpasang dua buah spanduk berukuran 1,5 0.5 meter bertuliskan “Selamat Datang Pak Ahok”.

“Kami sudah dari tadi nunggu disini, tapi juga belum jelas (kepulangan BTP),” ujar Karyadi, warga sekitar yang mendengar kabar kepulangan BTP.

Salah seorang yang bekerja untuk keluarga BTP, Elpis mengaku tidak menerima kabar apapun perihal kepulangan BTP ke Desa Gantung.

Ia menuturkan, biasanya akan dihubungi pihak keluarga yang akan pulang. Elpis sebelumnya pernah menjadi supir Bupati Beltim Basuri T Purnama, adik kandung Ahok.

“Biasanya ada ngasih tahu, minta jemput di bandara,” ujar Elpis supir Bupati Beltim periode 2010-2015 itu.

Tak hanya itu, kebiasaan keluarga BTP, menurut Elpis biasanya meminta pekerja di rumah mengemasi seluruh rumah jika ada kepulangan berombongan.

“Setahu saya, seluruh keluarga termasuk mama Ahok (BTP, red) masih di Jakarta. Dan sejauh ini, memang tidak ada kabar apapun,” kata Elpis.

Ia juga mengaku, banyak orang yang menghubungi dirinya sejak pagi untuk sekedar menanyakan kepastian kepulangan BTP.

“Kalau memang ada rencana pulang, pasti saya kasih tau,” tutup Elpis.

Sementara di Jakarta, ratusan pendukung Basuki Tjahaja Purnama tertunduk lesu, Kamis (24/1) pagi. Acara penyambutan mantan Gubernur DKI Jakarta yang disiapkan sejak Rabu lalu, ternyata “dirusak” oleh aksi kucing-kucingan, Nicholas Sean Purnama. Putra sulung Ahok secara sembunyi-sembunyi menjemput Ahok dari dalam Rumah Tahanan Markas Komando Brimob Polri, Kelapadua, Depok, Jawa Barat sekitar pukul 07.30 WIB.

Mengetahui hal tersebut, ratusan pendukung yang didominasi pakaian kotak kotak harus balik kanan dengan tersenyum kecut. ” Untungnya dijemput sama Sean (panggilan Nicholas Sean Purnama-red),” ujar Angel, salah satu pendukung di depan gerbang Mako Brimob kepada Fajar Indonesia Network (FIN).

Sebelum dijemput, Ahok tampil berpakaian kemeja biru dan celana jeans biru. Ia sempat bersalaman dengan petugas di dalam ruangan. Ahok juga memberikan cap tiga jari dalam sebuah dokumen kebebasanya yang kemudian diberikan petugas. “Merdeka” ujar Ahok dalam akun resmi Instagram-nya @btp.

Selain di Mako Brimob, polisi juga melakukan penjagaan di sekitar rumah Ahok.Sejumlah kerabat baik di Jakarta dan Belitung Timur, tanah kelahiran Ahok ikut datang. Terlihat ibunda Ahok, Buniarti Ningsih; adik Ahok, Fifi Lety Indra; dan juga Nicholas Sean.

Termasuk wanita yang mirip dengan Bripda Puput Nistiti Devi. Polwan cantik itu yang disebut akan dinikahi Ahok pasca bebas, Februari mendatang. Acara di dalam ruanhan itu, memang khusus untuk keluarga. Mereka mengadakan kebaktian. Foto dan video itu diunggah oleh tim BTP.

Seorang pria berpakaian batik memetik gitar di depan mereka. Nyanyian rohani yang terlantun juga diikuti bersama Ahok, keluarga dan mereka yang hadir dalam ruangan tersebut.

Ahok duduk di sofa bersama sosok mirip Puput di sebelah kirinya. Wanita itu memakai kemeja biru, celana hitam, dan sepatu hak.

Saat jam makan siang, mantan Wakil Gubernur DKI Djarot Syaiful Hidayat ikut mengunjunginya. Dalam akun instagram politisi PDI P ini menulis ” Welcome Home, Bro” dan mengunggah sebuah foto keduanya berpose bersama sambil memegang piring berisi hidangan.

Dari penuturan Djarot, Ahok tidak akan langsung terjun ke dunia politik. Ahok mengaku punya rencana membangun bisnis lewat sebuah perusahaan dan membangun sebuah yayasan amal bernama Basuki Tjahaja Purnama (BTP) Foundation. ” Dari penjualan buku BTP, beliau akan membuat konser BTP Show yang didonasikan ke lembaga amal tersebut,” katanya.

Dari info yang diterima FIN, BTP punya segudang acara. Salah satunya melakukan ziarah di tempat kelahirannya. Dia akan berziarah ke makam sang ayah, Kiem Nam dan sang adik yang telah meninggal, Frans.
“Iya (ziarah)” ujar Staf BTP, Ima Mahdiah

Meski demikian, belum ada kepastian kapan BTP akan segera berangkat menuju Belitung. Lebih dari dua tahun membuatnya rindu tanah kelahiran. (*/fin/tgr)

Rekomendasi Berita