oleh

98 PNS Mura Pensiun

LINGGAU POS ONLINE – MUSI RAWAS – Sedikitnya ada 98 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun di Kabupaten Musi Rawas (Mura). Jumlah ini, terhitung sejak Januari hingga Juli 2019.

Adapun 98 PNS pensiun tersebut berlatar belakang pendidikan guru, dibidang kesehatan dan teknis. Untuk tenaga pengajar pensiun pada usia 60 tahun, sedangkan pejabat struktural berusia 58 tahun. Tapi, untuk pejabat eselon II usia pensiun mereka sama dengan tenaga pendidikan yakni berusia 60 tahun. Hal ini sesuai dengan data yang ada di Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mura.

Demikian disampaikan Kepala BKPSDM Kabupaten Mura, H Rudi Irawan melalui Kabid Pengangkatan dan Pemberhentian, Wiwik Widyaningsih, Senin (22/7).

Ia menjelaskan untuk gaji PNS yang sudah pensiun dipastikan tidak menerima secara utuh gaji sebelum pensiun. Gaji, yang mereka terima sekitar 72 persen dari gaji pokok yang diterimanya sebelum pensiun. Selain itu, dipastikan mereka tidak lagi dapat tunjangan, seperti semasa aktif dulu.

”Apabila yang bersangkutan meninggal dunia, gaji pensiun akan diterima istrinya. Hal yang sama berlaku untuk anaknya hingga umur 21 tahun, termasuk yang masih pengenyam pendidikan, kuliah maupun belum menikah,” jelasnya.

Selain itu, untuk PNS yang pensiun akan diberikan penghargaan berupa plakat, bentuk penghargaan kepada yang bersangkutan atas jasa pengabdiannya selama ini. (aku).

Rekomendasi Berita