oleh

96 Ribu Kendaraan Nunggak Pajak

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Ada 96 ribu kendaraan bermotor atau Ranmor di Kota Lubuklinggau, baik roda dua maupun roda empat belum membayar pajak kendaraan bermotor. Hal ini memengaruhi penerimaan pajak kendaraan di Satuan Administrasi Menunggal Satu Atap (Samsat) Kota Lubuklinggau.

Kepala UPT Bapenda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Kota Lubuklinggau, Addi Ramdhoni melalui Kasi Tata Usaha (TU), Tahrir kepada wartawan koran ini, Jumat (4/5) mengatakan Wajib Pajak (WP) yang terdaftar 110 kendaraan baik motor maupun mobil. Hingga saat ini baru 14 ribu kendaraan yang sudah melunasi kewajibannya (membayar pajak).

“Kalau pencapaian sudah 32,09 % atau Rp 19 miliar dari target yang ditetapkan Rp 57 miliar, dari 14 ribu kendaraan baik motor maupun mobil,” ungkap Tahrir.

Menurut Tahrir ada beberapa faktor besarnya tunggakan pajak kendaraan bermotor, diantaranya faktor ekonomi, dan rendahnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

“Sebagian besar alasan mereka faktor ekonomi, harga sawit dan karet yang turun, belum lagi masuk tahun ajaran baru. Selain itu kesadaran masyarakat untuk bayar pajak masih sangat rendah,” jelas Tahrir.

Ditambahkan Tahrir, untuk mencapai target yang sudah ditetapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, pihaknya melakukan layanan jemput bola. Dengan memanfaatkan mobil layanan keliling.

“Jadi mobil layanan keliling ini standby di beberapa titik strategis, diantaranya di depan Masjid Agung As-Salam, depan perkantoran, dan pasar. Insya Allah bisa tercapai hingga akhir tahun,” tambah Addi Ramdoni. (07)

Rekomendasi Berita