oleh

95% Alumni SMKN 3 Lubuklinggau Langsung Kerja

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – SMKN 3 Lubuklinggau meluluskan 255 siswa di tahun 2018. Dari jumlah itu 95%-nya memilih bekerja. Dan hanya 5%-nya yang kuliah.

” Sebenarnya, kami memotivasi siswa untuk kuliah. Tapi, sebagian dari mereka memilih kerja. Sebab kalau kuliah, ilmu yang didapat siswa bisa lebih maksimal, dan ketika kerja standar gaji pun bisa setingkat lebih tinggi,”terang Kepala SMKN 3 Lubuklinggau Nopmiswati didampingi Waka Kesiswaan, Hamonangan kepada Linggau Pos, Rabu (11/7).

Hamonangan menambahkan, usaha tempat alumninya bekerja tidak melulu sesuai dengan program keahlian yang sebelumnya dipelajari di sekolah. Tidak sedikit juga yang kerja di pusat perbelanjaan.

” Memang ada beberapa yang membuka usaha sendiri. Khususnya yang alumni Program Keahlian Teknik Sepeda Motor (TSM). Namun yang alumni Teknik Kendaraan Ringan (TKR), sebagian besar direkrut Perusahaan Automotif. Banyak juga alumni kami direkrut oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) tempat siswa-siswi praktik kerja industri,” jelas dia.

Untuk mengoptimalkan serapan alumninya, SMKN 3 Lubuklinggau akan membentuk Bursa Latihan Kerja (BLK).

“Iya, sekarang kan belum ada BLK. Semoga tahun ini kami bisa membentuk BLK, sehingga memudahkan penyaluran alumni ke dunia kerja,” imbuhnya. (02)

Rekomendasi Berita