oleh

9 SMP Ikut Semifinal LCC Matematika

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Hari ini, sembilan tim yang lolos dalam tes tertulis, akan maju mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) Matematika di SMPN Muara Beliti.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Musi Rawas (Mura) H Sukamto, melalui Kabid Dikdas Hartoyo, Selasa (7/11).

Ia menjelaskan, LCC Matematika tahun ini sudah masuk periode ke-4.

“Seleksi tertulis hari ini (kemarin,red) diikuti 58 tim dari SMP/MTs se-Kabupaten Musi Rawas. Namun yang lolos hanya diambil sembilan. Untuk kompetisi semi final LCC besok (hari ini,red),” jelasnya lagi.

Tes tertulis kemarin, satu bendel soal dikerjakan oleh satu tim yang terdiri dari tiga orang. Setiap sekolah diperbolehkan mengutus satu sampai dua tim.

Tahun ini, sembilan tim tersebut memperebutkan piala bergilir Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas.

“Tiga tahun sebelumnya, LCC Matematika ini dimenangkan siswa-siswi SMPN O Mangunharjo. Jadi Piala Bergilirnya permanen diboyong mereka. Tahun ini insyaf Allah kami siapkan lagi piala bergilir untuk pemenang Juara I LCC Matematika ini,” jelas Hartoyo.

Kegiatan ini, kata Hartoyo, tujuannya untuk memotivasi guru dan siswa antar sekolah agar bisa berkompetisi dengan sehat.

Tak hanya SMP, hari ini perwakilan SD dari masing-masing kecamatan juga akan mengikuti tes tertulis LCC Matematika.

“Jadi tidak hanya SMP. Namun juga SD, kita seleksi dengan baik. Dengan harapan saat Olympiade Sains Nasional (OSN) nanti, kita sudah punya benihnya tinggal mengutus saja,” imbuh Hartoyo.

Ia berharap, apa yang dilakukan Disdik Mura ini memotivasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk juga menyelenggarakan kegiatan kompetisi antar sekolah.

“Yang sudah jalan itu MGMP Bahasa Inggris, mengadakan Lomba Story Telling dan Tutur Cerita Rakyat Berbahasa Inggris. Jadi harapan ke depan, semua mata pelajaran bisa dibuat lombanya. Memang penyelenggaraannya masih swadana. Namun kalau rutin insyaf Allah bisa dibantu,” imbuhnya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita