oleh

84 Mobil Dipakai untuk Sukseskan Pemilu 2019

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru secara simbolis menyerahkan mobil untuk operasional untuk Bawaslu Kabupaten/Kota, dari Bawaslu RI.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel, Iin Irwanto mengatakan, bantuan mobil yang sudah diberikan pemerintah pusat melalui dana APBN, dengan jumlah mobil sebanyak 84 unit. Rinciannya, 67 untuk ketua dan anggota Bawaslu di 17 Kabupaten/Kota di Sumsel, dan 17 mobil untuk koordinator Bawaslu di Provinsi Sumsel.

“Mobil operasional yang sudah diberikan ini untuk menyukseskan Pemilu 2019 di wilayah Sumsel,” kata Iin Irwanto, Rabu (26/12).

Menurut Iin, sapaan akrab dari ketua Bawaslu Provinsi Sumsel, kendaraan operasional yang sudah diberikan, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dari komisioner Bawaslu se-Sumsel, untuk melaksanakan tugasnya semaksimal mungkin. Sebab, pelaksanaan Pemilu 2019 beda dari sebelumnya, karena pada 17 April 2019 nanti masyarakat akan mencoblos lima surat suara sekaligus. Yakni, surat suara untuk calon anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, serta Calon Presiden-Wakil Presiden.

“Semoga, dengan sudah diberikannya bantuan operasional, kinerja dari Bawaslu dapat meningkat,” harapnya.

Terpisah, Komisioner Bawaslu Kota Lubuklinggau, Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran (HPP) dan Sengketa Pemilu, Bahusi mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima mobil operasional yang dibagikan tersebut. Mobil operasional tersebut mereknya Wuling, Tipe Wuling Confero.

“Kita baru sudah menerima mobil operasional, tapi kalau tidak salah hanya untuk komisioner yang belum punya mobil, termasuk Kasek (Kepala Sekretaris, red),” kata Bahusi.

Menurut Bahusi, dengan sudah dibagikannya mobil operasional tersebut, tentu akan meningkatkan kinerja dari Bawaslu Kota Lubuklinggau, sebab kebutuhan operasional, untuk melakukan pengawasan setiap tahapan demi tahapan yang sedang berlangsung.

“Semoga mobil yang sudah dibagikan ini dapat meningkatkan kinerja kami, dalam melakukan pengawasan,” katanya.

Diketahui, beberapa hari lalu Bawaslu Kota Lubuklinggau telah melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) dan Alat Peraga Sosialisasi (APS) dari peserta Pemilu di Kota Lubuklinggau. Penertiban dilakukan, karena beberapa APK dan APS tersebut dipasang pada tempat terlarang, seperti tiang listrik, tiang telepon, taman kota dan pohon yang ditanam pemerintah. Dalam proses penertiban tersebut, sudah puluhan spanduk maupun APK yang sudah ditertibkan. (aku)

Rekomendasi Berita