oleh

80 Persen Alumni SMA Xaverius Lanjut Kuliah

LINGGAU POS ONLINE, SIDOREJO – Edufair SMA Xaverius Lubuklinggau yang diselenggarakan November 2017 lalu, memberikan gambaran minat siswa untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi (PT).

“Untuk saat ini dari 135 siswa yang akan lulus 2018 nanti, 80 persennya akan melanjutkan. Sebagian besar dari mereka sudah diterima di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ketika Edufair,” terang Kepala SMA Xaverius Lubuklinggau, Ignasius Maryanto kepada Linggau Pos, Kamis (7/12).

Sebagian ada yang diterima melalui jalur undangan dan beasiswa. Namun ada juga yang mengikuti tes mandiri.

“Sekalipun begitu, siswa-siswi ini ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Juga Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Kalau ternyata mereka diterima, seperti tahun lalu (2016,red) ada tujuh orang lulus SNMPTN, PTS-nya ditinggalkan. Mereka masih memilih PTN biasanya,” jelas IG Maryanto.

Dan mengenai jurusannya, kalau siswa-siswi jurusan IPA biasanya lebih memilih masuk PTN/PTS jurusan farmasi, kedokteran maupun teknik. Sementara yang IPS, kebanyakan memilih Prodi Ilmu Komunikasi, Keguruan dan sebagainya. (05)

Komentar

Rekomendasi Berita