oleh

787 Bangunan dan 223 Kendaraan Dibakar, 15 Ribu Warga Eksodus dari Wamena

LINGGAU POS ONLINE – Tercatat lebih dari seribu bangunan dan kendaraan bermotor dibakar dalam kerusuhan yang terjadi di Wamena, Jayapura pada Senin (23/9) lalu. Tidak hanya itu, hingga saat ini tercatat lebih dari 15 ribu warga eksodus meninggalkan Wamena.

Berdasarkan data yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, total sebanyak 1.010 unit rumah, kantor, dan kendaraan dibakar saat kerusuhan. Jumlah tersebut termasuk kios dan ruko milik warga.

“Perumahan, kios, ruko dan kantor pemerintah itu sekitar 787 unit. Sementara jumlah kendaraan yang dibakar, yaitu 122 unit mobil dan 101 unit sepeda motor,” kata Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, Minggu (6/10).

Selain itu, Richard Banua juga mengatakan pihaknya tengan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk rehabilitasi dan renovasi bangunan yang rusak.

“Mudah-mudahan bisa ada tindakan cepat untuk pembangunan rumah dan kantor ini,” katanya.

Mantan Wakil Bupati Jayawijaya dua periode ini memastikan sudah menyampaikan data kerusakan kepada pemerintah pusat.

“Staf ahli sudah mengatakan ke Presiden, Gubernur dan kementerian terkait. Semua pelaporan sudah kami kirim,” katanya.

Terpisah Komandan Lanud Silas Papare, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Tri Bowo mengatakan lebih dari 15 ribu warga eksodus meninggalkan Wamena melalui Pangkalan Udara (Lanud) Silas Papare.

Para pengungsi itu ada yang menggunakan pesawat hercules milik TNI AU dan ada juga yang menggunakan penerbangan reguler dari Wamena ke Sentani.

“Para pengungsi itu ditampung di berbagai penampungan yang ada di Kabupaten Jayapura maupun Kota Jayapura. Namun sebagian kecil diantaranya sudah pulang ke kampung halamannya,” katanya.

Dikatakannya, hingga kini pihaknya masih menyiagakan dua unit pesawat Hercules untuk mengangkut pengungsi.

“Mabes TNI AU masih menyiagakan dua Hercules untuk mengangkut pengungsi dari Wamena ke Sentani,” katanya.

Tri Bowo juga belum bisa memastikan hingga kapan, pihaknya akan mengevakuasi warga yang akan mengungsi ke luar Wamena.

“Kami belum bisa memastikan,” katanya.

Di lain tempat, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Kamal memastikan bahwa kondisi kamtibmas di Wamena dan sekitarnya berangsur kondusif. Untuk itu, pihaknya meminta agar para pengungsi kembali Wamena.

“Aparat Keamanan sudah dikerahkan untuk mengamankan wilayah tersebut sehingga masyarakat tidak perlu takut,” katanya.(*)

Sumber: Fajar Indonesia Network (FIN)

Rekomendasi Berita