oleh

78 Anak Korban Kekerasan

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Tahun 2017 lalu, 78 anak-anak menjadi korban kekerasan. Kekerasan dialami para korban bervariasi. Mulai dari kekerasan fisik, psikis, seksual dan penelantaran.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Berencana Kabupaten Rejang Lebong, Muradi melalui Kabid Perlindungan Perempuan Perlindungan Khusus Anak dan Pemenuhan Hak Anak, Heri Wartono membenarkan informasi tersebut.

“Tahun 2017 jumlah korban kekerasan terjadi pada anak sebanyak 78 kasus,” jelas Heri.

Dipaparkan Heri, dari 78 kasus menimpa anak tersebut terjadi sejak Bulan Januari hingga Desember 2017 dengan rincian pada Januari sebanyak 6 kasus.

Kemudian Februari 2 kasus, Maret 13 kasus April 5 kasus, BUlan Mei sebanyak 6 kasus, Juni sebanyak 8 kasus. Lalu bulan Juli sebanyak 4 kasus, Agustus sebanyak 5 kasus September 9 kasus. Untuk bulan Oktober sebanyak 4 kasus, kemudian November 9 dan bulan Desember sebanyak 7 kasus.

Sementara itu, untuk kategori jenis kekerasan dialami anak sendiri yakni untuk kasus fisik terjadi pada anak laki-laki sebanyak 18 kasus dan pada perempuan 17 kasus. Untuk kekerasan fisik hanya 1 kasus dialami anak perempuan.

Kemudian Seksual sebanyak 24 kasus serta kasus penelantaran sebanyak 7 kasus. Untuk menekan angka kekerasan pada anak ini, kata Heri, pihaknya terus melakukan pemahaman pada kalangan masyarakat salah satunya dengan terus melakukan pengawasan dan pemahaman terhadap dampak akibat dari perbuatan kekerasan.

Menurut Heri, kalangan masyarakat, saat ini sudah berangsur memahami dan berani melaporkan jika melihat aksi kekerasan di sekitar lingkungannya. Untuk kasus kekerasan terhadap perempuan tahun 2017 sendiri, tambah Heri, yang berhasil didata pihaknya sebanyak 106 kasus dan didominasi kekerasan pada fisik.

Sementara itu, kasus kekerasan terjadi pada anak dan perempuan pada tahun 2018 ini, selama dua bulan terakhir yakni Januari dan Februari ini sebanyak 16 kasus. Dari jumlah itu juga didominasi dengan kasus kekerasan fisik. (09)

Rekomendasi Berita