oleh

75,7 % Masyarakat Inginkan NanSuko Kembali Memimpin

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Menjelang pemungutan suara 27 Juni 2018, elektabilitas Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar (NanSuko) jilid 2 terus meningkat kian tak terkejar oleh dua rivalnya. Berdasarkan hasil survei Charta Politika Indonesia, elektabilitas NanSuko Jilid 2 (70,3 %).

Manager Riset Charta Politika Indonesia, Arda Ranadireksa menjelaskan, Charta Politika Indonesia menyelenggarakan survei preferensi politik masyarakat Kota Lubuklinggau. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 3–7 Juni 2018 yang tersebar di delapan kecamatan di Kota Lubuklinggau yakni Lubuklinggau Barat I, Lubuklinggau Barat II, Lubuklinggau Selatan I, Lubuklinggau Selatan II, Lubuklinggau Timur I, Lubuklinggau Timur II, Lubuklinggau Utara I dan Lubuklinggau Utara II. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± (4 %) pada tingkat kepercayaan 95 %.

Beberapa temuan yang dapat dikemukakan pada survei kali ini yakni pertama, 87,1 % masyarakat yang mengaku puas terhadap kinerja Pemerintah Kota Lubuklinggau dibawah kepemimpinan NanSuko. Kedua, jumlah masyarakat yang menginginkan SN Prana Putra Sohe untuk terpilih kembali adalah (75,7 %).

Ketiga, dari elektabilitas top of mind (pertanyaan terbuka), elektabilitas Nansuko 63,2 % berada di atas rivalnya. Sementara Rustam Effendi–Riezki Aprilia memperoleh (14,5 %) dan Toyeb Rakembang–Sofyan (3,8 %). Terdapat (18,2 %) masyarakat yang menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

Keempat, untuk tingkat elektabilitas tertutup pasangan calon Walikota dan calon Wakil Walikota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe–Sulaiman Kohar memperoleh (70,3 %), Rustam Effendi–Riezki Aprilia memperoleh (18,3 %) disusul kemudian oleh pasangan Toyeb Rakembang–Sofyan (3,2 %). Responden yang belum menentukan pilihan sebanyak (8,2 %).

“Hal ini menunjukkan elektabilitas pasangan NanSuko sangat dominan dan meninggalkan jauh lawan-lawannya,” jelasnya kepada Linggau Pos, Kamis (21/6).

Kelima, pasangan SN Prana Putra Sohe–Sulaiman Kohar terlihat mendominasi hampir di semua kecamatan yang ada, kecuali Kecamatan Lubuklinggau Utara I.

Sekedar mengingatkan survei Charta Politika Indonesia dilakukan pada 6-11 April 2018, tingkat elektabilitas NanSuko untuk pertanyaan tertutup 62,8 % sedangkan hasil survei dilakukan pada Juni 70,3 %, artinya naik 7,5 % dalam kurang waktu lebih kurang dua bulan.

Sedangkan elektabilitas top of mind (pertanyaan terbuka) untuk Nansuko 55,5 % pada survei April, survei Juni 63,2 % naik 7,7 %. Jumlah masyarakat yang menginginkan NanSuko terpilih kembali pada survei April 66,5 %, sekarang tembus 75,7 % dengan demikian artinya naik 9,2 %. (05)

Rekomendasi Berita