oleh

75 Veteran Mendapat Tali Asih

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI –  Momen peringatan Hari Pahlawan ke-72 menjadi berkah untuk veteran. Sedikitnya 75 veteran di Kabupaten Musi Rawas mengikuti upacara Hari Pahlawan.

“Benar, ada 75 veteran yang kita undang untuk mengikuti upacara ini, di mana para veteran datang ke sini diantar langsung oleh keluarganya,” kata Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Musi Rawas, Agus Susanto kepada Linggau Pos, Jumat (10/11).

Agus sapaan akrabnya mengatakan veteran yang mengikuti upacara ini, usianya di atas 60 tahun.

“Semuanya di atas 60 tahun usianya, bahkan ada yang tidak bisa berdiri lagi, tapi karena semangat juangnya, masih bisa datang ke sini. Makanya kita berikan tali asih berupa bingkisan dan juga uang transpor kepada para veteran ini,” kata Agus.

Kedatangan veteran ini sebagai bentuk kepedulian kepada negara, karena dulu para veteran merasakan semangat juang dalam melawan para penjajah dari Belanda dan Jepang.

“Memang untuk bulanannya, para veteran ini tidak menerima gaji dari kita, ini dikarenakan keterbatasan anggaran. Namun, ketika peringatan Hari Pahlawan, maka ada bingkisan yang kita berikan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan mengatakan setelah meraih kemerdekaan, hal yang harus dilakukan saat ini adalah bersatu untuk memasuki tahapan bernegara, yaitu berdaulat, adil dan makmur.

“Sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan ini adalah perkokoh persatuan membangun negeri. Sehingga kalau kita bisa membangun negeri. Maka kita bisa maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan,” kata Hendra.

Karena, lanjut Hendra dalam setiap rangkaian perjuangan kepahlawanan yang membentuk keindonesiaan. Tentu saja masyarakat bisa mengambil pelajaran.

“Dengan peringatan Hari Pahlawan ini, kita jaga sejarah-sejarah kita, sehingga bisa menjadi dasar dalam menunjang persaudaraan umat di Indonesia,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita