oleh

744 Napi Dites Darah HIV/AIDS

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI BARU – Sebanyak 744 Narapidana (Napi) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Muara Beliti dilakukan tes darah indikasi Human Immunodeficiency Virus/ Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).

Tes dilaksanakan kerjasama pegawai Lapas Narkotika Muara Beliti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas serta tenaga medis RSUD Dr Sobirin, sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat (15/12).

Kalapas Narkotika Muara Beliti, Suyatna mengatakan bahwa sengaja dilakukan tes HIV ini karena untuk mengurusi orang banyak yang terlibat dengan narkoba khususnya rentan dengan penyakit AIDS sulit.

“Maka dari itu, menjalin kerjasama dan koordinasi melakukan tes penyakit AIDS atau picity guna mendeteksi virus ada atau tidak terdeteksi pada warga binaan,” kata Suyatna, Jumat (15/12).

Kalapas menjelaskan, tentunya apabila ada napi yang terindikasi maka akan dapat penanganan khusus diantaranya disediakan satu ruangan isolasi namun tidak dikucilkan dengan napi lainnya.

“Kemudian, diberikan obat secara paket sekaligus vitamin penambah tenaga untuk diminum secara rutin oleh para napi yang terindikasi guna mencegah virus tersebut semakin cepat berkembang biak,” jelas Suyatna.

Sementara itu, Murni didampingi Eva Susanti perawat Lapas Narkotika Muara Beliti mengatakan bahwa sebenarnya ini program penjaringan screening pendeteksi dini HIV/AIDS di lingkungan Napi.

“Ada sekitar 744 Napi yang dilakukan tes HIV terdiri dari 12 Napi perempuan dan 732 laki-laki semuanya dites HIV dengan cara diambil sampel darahnya,” jelas Murni didampingi Eva Susanti.

Murni menjelaskan, nantinya setelah dites hasilnya akan dibawa petugas RSUD Dr Sobirin dibawa ke rumah sakit guna diketahui hasilnya.

“Selain itu, tes HIV ini akan dilaksanakan secara rutin secara rutin enam bulan sekali maka setiap tahunnya akan dilakukan tes sebanyak dua kali,” tutupnya.(16)

Komentar

Rekomendasi Berita