oleh

74 Ha Sawah Beralih Tanam Jagung

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Sedikitnya 74 Hektare (Ha) sawah di Kelurahan Kayu Ara dan Kelurahan Pelita Jaya, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, terpaksa beralih tanam jagung. Ini akibat lambannya proyek perbaikan pintu Kasie I Kayu Ara oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Lubuklinggau.

Tiga Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Lubuklinggau Barat I, tidak bisa menanam padi karena terkendala suplai air dari Kasie I Kayu Ara. Akibatnya, terjadi kemunduran masa tanam, sehingga petani beralih menanam jagung.

Kepala Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau, Subandio melalui Kabid Tanaman Pangan, M Arifin kepada Linggau Pos, Selasa (31/7) mengaku sejak satu bulan lalu petani di Kelurahan Kayu Ara, dan Pelita Jaya beralih menanam jagung. Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau melalui Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau membantu bibit dan pupuk.

Diakui Arifin, setiap satu hektare sawah di daerah tersebut menghasilkan 3 hingga 3,5 ton beras. Artinya, panen 234 ton beras terpaksa diundur.

“Biasanya, setahun tiga kali tanam, Juni sudah masuk tanam kedua, khusus di dua daerah tersebut proses tanam kedua terpaksa diundur September 2018 atau menunggu pengerjaan proyek rehab kasie selesai,” ungkap Arifin.

Kepala DPUTR Kota Lubuklinggau, H Nobel Nawawi melalui Kabid Pengairan, Anwar Sadat mengaku Kasie I Kayu Ara masih dalam proses perbaikan. 2017 lalu, kasie tersebut jebol dan diperbaiki sementara menggunakan anggaran untuk bencana alam Rp 200 juta.

Dalam APBD Kota Lubuklinggau 2018, Kasie I Kayu Ara benar-benar direhab, dengan biaya Rp 1 miliar. Selama tahap perbaikan, pintu air Kasie I Kayu Ara ditutup sementara.

“Pengerjaan sudah dilakukan lebih kurang dua bulan lalu, secepatnya kami selesaikan,” kata Anwar Sadat.

Menurut Anwar Sadat, sebelumnya DPUTR Kota Lubuklinggau sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau, bahwa akan ada perbaikan Kasie I Kayu Ara. Suplai air ke persawahan akan ditutup sementara, karena pintu Kasie I Kayu Ara ditutup total. (07)

Rekomendasi Berita