oleh

7.470 Murid Siap USBN

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Kabupaten Musi Rawas rencananya diikuti 7.470 murid. Mereka berasal dari 329 SD/MI sederajat. Terdiri dari 7.169 murid SD/SDLB dan 301 anak MI.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Musi Rawas, H Sukamto, Minggu (14/1) mengimbau seluruh SD/MI ini mengadakan les tambahan. Untuk menguatkan kesiapan mental dan materi murid yang akan ujian ini.

“Orang tua juga harus ikut mengawasi putra-putrinya belajar di rumah. Sekaligus menjaga kesehatan mereka,” kata Sukamto.

Berkenaan dengan program wajib belajar 12 tahun, ia juga mengingatkan orang tua untuk memfasilitasi putra-putrinya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP maupun MTs.

Mengenai mekanisme USBN, Kabid Dikdas Disdik Musi Rawas, Hartoyo menerangkan, sampai saat ini pihaknya baru menerima draf saja. Sementara sosialisasi resminya belum ada.

“Kalau draft sementara, USBN ini tidak dilakukan terhadap delapan mata pelajaran sebagaimana yang dikabarkan sebelumnya. Insya Allah tetap tiga mata pelajaran. Yakni IPA, Bahasa Indonesia dan Matematika,” terangnya.

Sekalipun belum ada petunjuk teknis resmi, Hartoyo juga mengatakan bahwa soal USBN yang 2017 lalu sempat diwacanakan dibuat di kabupaten/kota tidak jadi.

“Masih berdasarkan draf terakhir yang kami terima, soal USBN maupun pencetakan ijazah alumni SD dilakukan Disdik Provinsi Sumsel di Palembang. Karena kalau dilakukan di kabupaten kota, teknis menjaga kerahasiaan soal, dan print ijazah juga belum diberi Juknis resmi,” imbuhnya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita