oleh

68 JCH Siap Berangkat Tahun ini

Kakankemenag Empat Lawang, H M Makki
“Untuk waiting list keberangkatan haji, kurang lebih 18 tahun karena calon jemaah haji yang terus membludak..”

 

EMPAT LAWANG – Musim haji 1440 Hijriah atau 2019 Masehi 68 Jamah Calon Haji (JCH) Kabupaten Empat Lawang bakal ke Baitullah. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Empat Lawang, H Muhammad Makki, Minggu (3/2).

“Insya Allah tahun ini ada 68 jamaah yang berangkat haji. Kami tidak ada kuota kabupaten atau kota, tapi yang ada kuota provinsi. Karena pada umumnya di seluruh Indonesia menggunakan kuota provinsi,” ungkap Muhammad Makki, kemarin.

Kuota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2018 sampai dengan 2019 lanjut Muhammad Makki, 6.988 orang dan itu sudah termasuk petugas di dalamnya.

“Se-Sumsel ini ada 35 kloter dan dari setiap kloter ada 5 petugas,” jelasnya.

Dijelaskan Makki, untuk waiting list keberangkatan haji, kurang lebih 18 tahun karena calon jemaah haji yang terus membludak. Sementara kuota Nasional sebanyak 202.100 tidak bertambah.

“Dari kuota nasional tersebut, 18.000 haji khusus sisanya umum, haji khusus juga antrenya itu 4 sampai 5 tahun, karena sudah banyak yang mendaftar,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, untuk biaya keberangkatan haji pada tahun 2019 ini belum diketahui berapa. Karena masih diusulkan oleh Kemenag ke DPR RI, apabila sudah disetujui setelah itu baru akan di SK-kan Presiden. (ism)

Rekomendasi Berita