oleh

609 Rumah Dapat Program Bedah Rumah

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Ada 609 unit rumah dalam Kota Lubuklinggau akan direhab melalui program bedah rumah. 432 unit dari program Peningkatan Rumah Tidak Layak Huni (PRTLH), dan 177 unit rumah dalam program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Kabid Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Lubuklinggau, Ernaldi mengatakan sebagian besar tahapan sudah dalam tahap pembangunan. Untuk PRTLH Kota Lubuklinggau jadi panitia, sedangkan program BSPS sepenuhnya program Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), sedangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau hanya pendamping saja.

Diakui Ernaldi, tim Provinsi Sumsel sudah melakukan pengecekan ke lokasi.

“Sudah dicek baik untuk program Pemprov Sumsel maupun dari bedah rumah, untuk Sumsel dalam tahap pembangunan, sedangkan PRTLH sudah distribusi material,” ungkap Ernaldi.

Ditambahkan Ernaldi, ada sebagian penerima manfaat belum membuka rekening karena ada syarat rekomendasi dari instansi.

“Sebagian saja, tapi sambil jalan ada yang sudah pembangunan,” ungkapnya.

Program bedah rumah merupakan program yang sudah lama dilakukan oleh pemerintah, hanya saja anggaran yang dikucurkan terbatas, sehingga dilakukan secara bertahap.

“Masyarakat yang rumahnya dibedah, sebelumnya dilakukan survei, karena dalam program bedah rumah ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Dan yang paling penting itu, penerima bantuan bedah rumah adalah masyarakat yang berpenghasilan rendah,” ungkapnya.

Ernaldi berharap program ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga dari tahun ke tahun kesejahteraan masyarakat terus meningkat.(nia)

Rekomendasi Berita