oleh

60 Hektar Lahan di Muratara Terbakar, Warga Dapatkan Rusa Nyasar ke Pemukiman

LINGGAU POS ONLINE – Satwa liar di Kecamatan Rawas Ilir dan Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menyasar pemukiman warga. Insiden itu mengakibatkan masyarakat heboh dan melakukan perburuan terhadap satwa liar yang lari ke pemukiman.

Seperti dikutip dari sumeks.co Senin (16/9) sekitar pukul 03.00 WIB, sejumlah warga di dua wilayah kecamatan di Muratara dihebohkan dengan banyaknya hewan-hewan liar yang memasuki pemukiman. Diantaranya, monyet, babi, rusa, kijang, kancil, napo, beruang dan hewan lainnya.

Andi, warga Desa Batu Kucing banyaknya satwa liar ke luar hutan karena maraknya karhutla di Muratara. “Ado jugo yang tejingok beruang melintas, itu gara-gara ado lahan yang tebakar mungkin semakin luas,” kata Andi.

Dia mengaku saat ini banyak masyarakat yang melihat rusa keluar hutan dan langsung menjadi sasaran buruan masyarakat. “Nyari rusa sulit di dalam hutan, nah sekarang rusanya keluar sendiri dari dalam hutan dan diburu masyarakat, banyak yang dapat,” ujarnya.

Terpisah Dandim 0404 MLM Letkol M Aan Setiawan menjelaskan di Muratara ada sekitar 60 hektar lahan yang terbakar, tersebar di Kecamatan Karang Dapo, Rupit, Nibung dan Rawas Ilir. “Pemadaman sulit karena beberapa lokasi tidak bisa diakses,” jelasnya.

Khusus lokasi yang tidak bisa diakses, dijelaskan Dandim pemadaman tidak menggunakan air, namun menggunakan sekat kanal. “Seluruh peralatan yang ada juga kami manfaatkan, bahkan handtraktor pun kami pakai untuk membantu memadamkan api,” jelas Dandim.

Ia menjelaskan di Muratara, api rata-rata berasal dari perusahaan perkebunan, seperti di Karang Dapo dan Rupit, awalnya dari perkebunan PT Dendy Marker Indah Lestari. “Dari Dendy Marker, kemudian terkena angin merambat kemana-mana,” tambah Dandim.

Terakhir Dandim menegaskan pihaknya bersama pihak terkait, seperti BPBD, Mandala Agni dan Kepolisian, terus berkaja secara maksimal memadamkan kebakaran lahan dan hutan (karhutla).(*)

Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita