oleh

6.501 Peserta KB Aktif

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk-KB) Kabupaten Musi Rawas (Mura), mendata dari 6.501 orang dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) atau 25,66 % peserta KB aktif. Dari tahun ke tahun jumlah masyarakat yang menerapkan program KB di Kabupaten Mura, semakin meningkat.

Hal ini membuktikan bahwa jumlah penduduk dapat dikendalikan dengan baik. Masyarakat saat ini yang berada di 14 Kecamatan di Mura, lebih kurang sebanyak 410.206 jiwa penduduk, sudah menggunakan KB.

Kepala Disdalduk-KB, Jemain melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Fitriana mengatakan kalau animo masyarakat dalam memasang KB dari waktu ke waktu memang mengalami peningkatan.

“Dari hasil evaluasi yang kita lakukan beberapa waktu lalu, sejak Januari-Mei 2018 ada 6.501 peserta KB aktif. Dan dapat diketahui pada tahun 2017 lalu, peserta KB aktif mencapai 60.997 peserta atau 76,035 persen dari pasangan usia subur,” kata Fitriana kepada Linggau Pos, Kamis (24/5).

Untuk pasangan usia subur di Kabupaten Mura sebanyak 80.232 orang. Sedangkan untuk Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), jumlahnya mencapai 24.264 aseptor. Kalau dipersentasekan mencapai 39,78 % dari total peserta KB.

“Untuk KB pria sampai sekarang baru 5,83 persen kalau ditotal baru 397 orang, itu termasuk vasektomi dan penggunaan kondom. Kalau untuk vasektomi baru sembilan orang,” terang Fitriana.

Fitriana menambahkan, program KB dapat memberikan manfaat yang dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Tujuannya meningkatkan kesejahteraan ibu, anak guna mewujudkan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS), yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran.

“sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk,” tegasnya. (04)

Judul: Peserta Vasektomi Baru Sembilan Orang

Rekomendasi Berita