oleh

59.458 Formasi Belum Terisi

JAKARTA – Komisi II DPR RI melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI.

Sejumlah pemaparan khusus tentang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 disampaikan dalan rapat tersebut.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera mengatakan bahwa rapat yang diselenggarakan denfan KemenPAN-RB tersebut menghasilkan enam kesimpulan rapat.

Lanjut dirinya menjelaskan salah satu yang terpenting dalam rapat tersebut ialah terkait afirmasi dalam pengadaan CPNS dan PPPK pada tahun 2019.

“Kami sudah mendorong Kemenpan RB untuk segera mengisi 59.458 formasi yang belum terisi agar penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat bisa optimal,” ujar Mardani di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/1).

Selain itu, Politikus asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini memastikan bahwa pihaknya bersama KemenPAN-RB telah sepakat bersama untuk memberikan kebijakan bagi peserta CPNS 2018 P1 yang lulus dapat menjadi PNS.

“Yang lulus berdasarkan PerMen PAN-RB No 37 Tahun 2018 sebanyak 3 persen dapat menjadi PNS,” terangnya.

Dirinya berharap, apa yang dinginkan oleh pihaknya dapat berlangsung dengan baik tanpa ada kendala sedikitpun.

“CPNS 2018 kemarin sempat terjadi masalah mudah mudahan ke depannya tidak terjadi kembali,” pungkas Mardani.

Menanggapi hal tersebut, Menteria Pemdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPan-RB), Syafruddin memastikan akan langsung bertindak cepat merespon permintaan DPR RI. Hal itu dibuktikan pihaknya akan kembali melakukan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini

“Jumlahnya tidak sebanyak 2018, kalau 2018 mencapai 238 ribu, untuk 2019 sebanyak 100 ribu, dan akan diselenggarakan Maret mendatang,” kata Syafruddin.

Terkait, sempat terjadi masalah saat penerimaan CPNS 2018, dirinya membantah bahwa itu merupakan salah satu kendala. “Itu bukan masalah hanya terjadi beberapa perbaikan komunikasi agar lebih maksimalnya,” tandasnya.

Berikut 6 kesepakatan Komisi II DPR RI dengan KemenPAN-RB

1. Komisi II DPR memberikan apresiasi kepada KemenPAN-RB dan BKN atas terselenggaranya penerimaan CPNS 2018

2. Komisi II mendorong KemenPAN-RB untuk segera mengisi 59.458 formasi yang belum terisi agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan secara optimal.

3. Komisi II bersama dengan KemenPAN-RB sepakat memberikan afirmasi kebijakan bagi peserta CPNS 2018 P1 yang lulus berdasarkan PermenPAN-RB nomor 37/2018 sebanyak 3% dapat menjadi PNS. Untuk selanjutnya akan dicarikan formulasi yang tepat

4. Komisi II mendorong KemenPAN-RB dan BKN untuk segera melaksanakan seleksi kompetensi dasar (SKD) di 48 instansi daerah yang tertunda pelaksanaannya agar formasi CPNS di daerah tersebut dapat terpenuhi

5. Komisi II mendorong KemenPAN-RB untuk memberikan afirmasi dalam sistem pengadaan CPNS dan PPPK tahun berikutnya bagi tenaga honorer K-2 agar mengikuti seleksi dan menjadi CPNS maupun PPPK

6. Komisi II meminta KemenPAN-RB dan BKN untuk memberikan penjelasan tertulis terkait rencana seleksi CPNS dan PPPK 2019 setelah ada kepastian dari pemerintah.(frs/fin)

Rekomendasi Berita