oleh

56 Kades Habis Masa Jabatan

CURUP – Sedikitnya 54 Kepala Desa (Kades) tersebar di 14 kecamatan Kabupaten Rejang Lebong yang habis masa jabatannya. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Rejang Lebong, Gunawan melalui Kabid Kelembagaan, Sosbud dan Pemerintahan Desa, Boby Harpa Santana, Rabu (23/1).

Dijelaskan Boby, meski telah habis masa jabatan tahun 2019, namun pelaksanaan Pilkades akan dilaksanakan tahun 2020 mendatang secara serentak.

“Awal tahun 2020 juga ada dua Kades yang habis masa jabatannya, jadi nanti Pilkades serentak di 56 desa,” jelasnya.

Boby memaparkan, pelaksanaan Pilkades serentak 2020 dilaksanakan salah satunya untuk menghemat anggaran. Sembari menunggu Pilkades serentak 2020, Kades yang habis masa jabatannya akan dijabat Plt atau Penjabat.

“Kalau dijabat Plt nanti bisa sementara dari perangkat desa dulu setelah rapat dengan BPD, kalau dijabat Penjabat nanti ditunjuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di sekitar desa atau dari pihak pegawai kecamatan,” katanya.

Untuk Kades yang paling cepat habis masa jabatannya, yakni pada 27 Agustus mendatang.

“Kita belum tahu dalam Pilkades mendatang apakah sudah menggunakan E-Voting atau belum, tapi dalam aturan untuk jabatan Kades bisa tiga kali,” tambahnya.

Beberapa kecamatan yang masa jabatan Kadesnya habis dalam tahun 2019 ini, diantaranya di Kecamatan Curup Utara sebanyak 4 desa, Curup Timur 3 desa, Curup Selatan 4 desa, dan Curup Tengah 1 desa.

Kemudian Kecamatan Sindang Kelingi sebanyak 4 desa, Sindang Dataran 1 desa, Kota Padang 5 desa, Sindang Beliti Ilir 5 desa. Kemudian Kecamatan Bermani Ulu 8 desa, Bermani Ulu Raya 4 desa, Padang Ulak Tanding (PUT) 4 desa, Binduriang 3 desa, Sindang Beliti Ulu 5 desa dan Kecamatan Selupu Rejang 5 desa. (sam)

Rekomendasi Berita