oleh

56 ASN Pemkot Absen

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA- Ada 56 ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau tidak masuk kerja, tanpa keterangan pasca cuti bersama Idul Fitri 1439 H. Pegawai yang bolos tersebut didominasi staf kelurahan, Puskesmas, kecamatan, dan staf beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Lubuklinggau.

Data ini didapat pasca tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kota Lubuklinggau melakukan Sidak ke kantor OPD di lingkungan Pemkot Lubuklinggau, Kamis (21/6). Tim yang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) dibagi menjadi tiga kelompok, kelompok I dipimpin Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani.

Selanjutnya, kelompok II dikomandoi Inspektur Kota Lubuklinggau, H Burhanudin, dan Kelompok III diketuai Asisten III Setda Kota Lubuklinggau, Kahlan Bahar. Kelompok I, melakukan Sidak di lingkungan perkantoran Walikota Lubuklinggau, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Kelompok II Sidak di kelurahan, kecamatan, dan kantor OPD di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, dan Kecamatan Lubuklinggau Timur II. Sedangkan kelompok III melakukan Sidak ke kelurahan, kecamatan, dan kantor OPD di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Masing-masing tim saat melakukan Sidak memeriksa absensi pegawai, dan konfirmasi langsung pimpinan OPD.

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani kepada wartawan Linggau Pos, Jumat (22/6) mengatakan pasca dilakukan rekap di masing-masing tim ada 72 orang ASN yang bolos. 56 diantaranya Tanpa Keterangan (TK), 2 orang cuti melahirkan, dan 14 ASN lainnya izin.

Rahman Sani menambahkan, sanksi akan diberikan mengacu pada Surat Edaran Nomor B/21/M.KT.02/2018 tentang Penegakan Disiplin Dalam Pelaksanaan Cuti Bersama Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahun 2018. Penerapan sanksi masih menunggu instruksi dari Penjabat Walikota Lubuklinggau, H Riki Junaidi.

“Saat ini masih di meja walikota, mulai dari surat teguran, hingga pemotongan gaji,” tegas Rahman Sani.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau, Idris Tanjung mengakui ada beberapa staf Puskesmas yang bolos di hari pertama kerja. Padahal, sebelum libur Idul Fitri 1439 H, ia sudah memperingati semua pegawai lingkungan Dinkes Kota Lubuklinggau untuk tidak menambah libur.

“Sudah diperingati, kalau masih diperbuat, risikonya tanggung sendiri,” tegas Idris. (07)

Rekomendasi Berita