oleh

50 Persen Penghuni Lapas Curup TerdakwaKasus Narkoba

LINGGAU POS ONLINE – Lebih dari 50 persen warga binaan dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup merupakan napi terjerat kasus Narkoba. Hal itu disampaikan Plt Kepala Lapas Kelas IIA Curup, Hari Winarca dikonfirmasi di kantornya, Kamis (25/7).

“Untuk warga binaan yang di sini dominan kasus Narkoba, lebih dari 50 persennya. Kalau untuk jumlah warga binaan sekarang jumlahnya sekitar 660 orang,” kata Hari.

Selain dominan kasus narkoba, Lapas Kelas IIA Curup ini juga sudah over kapasitas yang seharusnya kapasitasnya sebanyak 250 orang. Hari memaparkan, dengan banyaknya warga binaan kasus Narkoba, pihaknya terus melakukan upaya pencegahan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti peredaran narkoba di dalam Lapas.

“Kita terus melakukan penggeledahan dengan acak untuk memutus mata rantai, termasuk ponsel, sebab dari ponsel bisa digunakan sebagai alat transaksi,” tegas Hari.

Hari juga menambahkan, saat ini di Kabupaten Bengkulu Tengah dari kantor wilayah sudah disiapkan lahan untuk pendirian Lapas Narkotika.

“Di Benteng (Bengkulu Tengah) dari kantor wilayah berencana akan membangun Lapas Narkotika, nanti jika sudah terbangun dan bisa difungsikan seluruh warga binaan kasus Narkoba akan di bawa ke situ termasuk di Lapas Kelas IIA Curup,” jelas Hari.

Ia berharap, pembangunan Lapas khusus Narkotika di Bengkulu Tengah bisa segera terealisasi, sehingga kapasitas yang berada di sejumlah Lapas bisa berkurang. (sam)

Rekomendasi Berita