oleh

5.998 Penduduk Belum Perekaman

MUSI RAWAS – Terhitung akhir Januari 2019 sebanyak 5.998 warga Kabupaten Musi Rawas (Mura) belum perekaman KTP-El. Hal itu pastikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mura, Y Mori melalui Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk, Darwin kepada koran ini, Sabtu (2/2).

Sesuai instruksi pemerintah semua jajaran Disdukcapil di kabupaten/kota, turut sukseskan pelaksanaan pemilu serentak tahun ini. Yaitu Pilpres dan Pileg dengan targetkan tuntaskan KTP-El bagi masyarakat.

Adapun untuk di Kabupaten Mura, Disdukcapil telah gulirkan sejumlah terobosan berikan pelayanan KTP-El kepada warga, baik rutinkan pelayanan rekam dan cetak di kantor, melakukan jemput bola, membuka layanan perekaman langsung.

Sedangkan bagi jumlah wajib KTP di Kabupaten Mura sekitar 293.578 jiwa, yang telah merekam 527.580 jiwa, sisanya yakni 5.998 jiwa. Tapi, pihaknya yakin dalam waktu dekat akan tuntas.

“Dari sebanyak ribuan jiwa belum lakukan perekaman itu. Hampir semua merata 14 kecamatan,” kata Darwin.

Sedangkan mengenai kendala lainnya, bahwa hampir setiap tahun Disdukcapil mengalami kendala teknis. Salah satunya ketersediaan tinta cetak KTP-El stoknya habis.

“Sering terkendala tinta cetak, kalau stok blangko masih cukup,” jelasnya.

Wabup Mura, Hj Suwarti mengatakan sebenarnya bagi masyarakat yang belum rekaman KTP itu, tergantung dengan Kades-nya masing-masing. Jika para Kades bertindak tegas dan bekerja dengan baik, maka semua masyarakat akan memiliki KTP.

“Jika para Kades mengumpulkan masyarakat dan mendatakan bagi yang belum memiliki KTP, saya yakin semunya akan memiliki KTP,” kata Suwarti.

Suwarti mengimbau kepada para kades di “Bumi Lan Serasan” ini, untuk mendata dan bekerja sesuai tanggung jawabnya di desa masing-masing.

“Padahal dari Disdukcapil sudah jemput bola dan datang ke desa-desa. Tetapi, masih juga banyak yang belum membuat KTP,”  ucapnya. (dlt)

Rekomendasi Berita