oleh

49 Admin PPID Mura Pelatihan

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Musi Rawas (Mura), melatih 49 orang Admin Pejabat Pengelola Informasi dan Dekomentasi (PPID) Kabupaten Mura. Pelatihan dilakukan pukul 09.00 WIB, Senin (2/7) di kantor Diskominfo Kabupaten Mura, Komplek Agropolitan Center, Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Mura.

PPID berfungsi untuk membantu seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura, guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat khususnya tentang keterbukaan informasi publik dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi dari pemerintah.

Kadiskominfo Kabupaten Mura, Muhammad Rozak mengatakan pelatihan aplikasi PPID ini diselenggarakan selama tiga hari, bahwa PPID merupakan aplikasi yang digunakan untuk permintaan informasi publik yang disampaikan pemohon kepada OPD, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman, sekaligus pentingnya pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi di masing-masing OPD,” kata M Rozak.

Kepala Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik, Indah Susanti yang menjadi salah satu pemateri pelatihan PPID ini mengatakan, terbentuknya aplikasi PPID yaitu untuk membuka informasi publik, membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi secara baik dan efisien.

Kemudian menetapkan peraturan mengenai SOP layanan Info Publik, menetapkan dan memutakhirkan secara berkala seluruh info Publik yang dikelola dan mengangkat PPID untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta wewenangnya.

“Informasi publik terdiri dari informasi yang wajib disediakan, dan diumumkan dari informasi rahasia,” ucap Indah.

Indah menjelaskan, pengertian informasi yang wajib disediakan dan diumumkan yaitu mencakup berkala serta merta dan setiap saat. Sedangkan informasi rahasia, mencakup negara, bisnis, pribadi dan jabatan. (Rls/04)

Rekomendasi Berita