oleh

484 Rumah Tidak Layak Huni Akan Dibedah

MUSI RAWAS – Sebanyak 484 Unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang berada di “Bumi Lan Serasan Sekantenan” ini dalam waktu dekat akan dibedah. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Nito Mapilindo melalui Kabid Perumahan, Abu kepada koran ini, Kamis (31/1).

Program RTLH tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, 484 RTLH akan dibiayai oleh APBD Kabupaten Mura sebanyak 80 unit, Dana Alokasi Khusus (DAK) 154 unit, dan APBN Pemerintah Pusat 250 unit.

Sedangkan untuk realisasinya program ini, diperkirakan April 2019 mendatang. Jika sudah dikucurkan, proses pengerjaannya bedah rumah itu dilakukan secara bergotong-royong.

Menurutnya, sesuai dengan tujuan oleh Pemkab Mura dikucurkannya program ini untuk mengentaskan angka kemiskinan. Maka semua program ini dipusatkan bagi warga miskin dan sangat miskin.

“Proses penerimaan bantuan ini masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu disalurkan langsung ke rekening bagi yang menerima,” kata Abu.

Ditambahkan, sebelum dikucurkannya program ini. Pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan kecamatan melalui Musrenbang.

“Kalau tahun lalu kita mendapatkan bantuan program APBN strategis dari Pemerintah Pusat sebanyak 50 unit. Tapi, tahun ini tetap kita usulkan juga,” harapnya. (dlt)

Rekomendasi Berita