oleh

47 Pelanggan PDAM Diputuskan

MUSI RAWAS – Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Cabang Muara Beliti melakukan tindakan pemutusan kepada 47 pelanggan yang menunggak. Adapun jumlah tunggakan pelanggan PDAM secara keseluruhan di Kabupaten Musi Rawas (Mura) per Desember 2018, mencapai Rp2.141.968.451.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Agus Hilman mengatakan usia tunggakan yang dilakukan pemutusan, yaitu lebih dari dua bulan.

Sedangkan, tahun 2017 lalu pihaknya melakukan pemutusan sambungan sebanyak 48 pelanggan. Nilai tunggakan itu bervariasi, mulai dari Rp500 ribu, bahkan ada tunggakan mencapai Rp8 jutaan.

Namun, sebelum melakukan pemutusan pihaknya telah melayangkan surat teguran kepada pelanggan. Jika surat teguran itu tidak diindahkan, maka pihaknya menurunkan petugas tagih dan dibantu aparat keamanan untuk melakukan penagihan.

Sementara total pelanggan yang ada di Kabupaten Mura ini sebanyak 7.011 pelanggan. Dan kecamatan yang paling banyak memakai PDAM ini, yakni Kecamatan Muara Beliti, Tugumulyo dan Selangit.

“Pelanggan yang menunggak itu, rata-rata Kecamatan Muara Beliti,” kata Agus Hilman kepada koran ini saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (31/1).

Menurutnya, setelah diputuskan sementara ini pelanggan bisa melakukan pengurusan kembali di Kantor Layanan BLUD SPAM Muara Beliti, dengan syarat harus membayar jumlah tunggakan sebelumnya.

“Saat ini tingkat kepatuhan pembayaran PDAM masih sangat rendah, bahkan ada beberapa Kecamatan memang sengaja dimatikan dari kita. Karena para pelanggan tidak sama sekali mau membayarnya,” ucapnya.

Maka dari itu, ia mengimbau kepada para pelanggan PDAM untuk tidak telat membayar bulanan PDAM. Jika menunggak pasti akan diputuskan. (dlt)

Rekomendasi Berita