oleh

46 Rumah di Pulau Panggung Kebanjiran, Ada Dapur yang Roboh

LINGGAUPOS.CO.ID – Banjir mulai menggenangi pemukiman di Kabupaten Musi Rawas, Jumat (3/1/2020). Seperti di Desa Pulau Panggung Kecamatan Muara Kelingi, terdata 46 rumah terendam air.

Kades Pulau Panggung Rozali kepada linggaupos.co.id menjelaskan luapan Sungai Musi yang berada di tepi desa, mulai masuk ke pemukiman sejak Kamis (2/1/2020). “Sekitar pukul 23.00 WIB air mulai masuk ke pemukiman,” jelasnya.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan, Jumat (3/1/2020) siang sudah 46 rumah yang terendam. “Kami sudah melapor ke Pak Camat mengenai kejadian ini,” ujarnya sambil menjelaskan warga kebanjiran masih bertahan, terutama yang rumah panggung.

Terpisah Anggota DPRD Musi Rawas Al Imron S.Pd yang merupakan putra daerah Pulang Panggung, menghimbau kepada dinas terkait untuk meninjau langsung. Sebab, kondisi debit air terus meningkat sehingga melumpuhkan aktivitas bahkan perekonomian masyarakat.

“Sudah dua hari sejumlah rumah warga terendam banjir, jelas perekonomian masyarakat lumpuh total,” ujarnya, Jumat (3/1/2020).

Dia meminta jika ada bantuan untuk segera diturunkan karena masyarakat tidak ada pemasukan perekonomian bahkan terancam sakit.

“Tidak hanya itu saja, bahkan ada salah satu bagian dapur rumah warga yang terbawak arus,” katanya.

Selain itu,ia juga meminta kepada masyarakat untuk terus bersabar dan mengurangi aktivitas dalam air supaya tidak mudah terserang penyakit.

“Anak dan cucung, terus diawasi. Terutama aktivitas di air, karena kita tidak tau khawatir nanti air deras dan kabel terputus,” pungkasnya.(*)

Rekomendasi Berita