oleh

450 Personel Batalyon 144 Dikirim ke Perbatasan

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – 450 personel dari Batalyon 144 Jaya Yudha akan diberangkatkan untuk pengamanan perbatasan Indonesia – Malaysia, tepatnya di Kalimantan Utara. Keberangkatan 450 orang personel ini dijadwalkan minggu ke-3 Juli 2018, oleh sebab itu Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Putranto melakukan pemeriksaan kesiapan, Jumat (6/7).

Pemeriksaan yang dilakukan Mayjen TNI Putranto merupakan pemeriksaan persiapan terakhir, lokasi perbatasan antara Indonesia-Malaysia yang akan menjadi target pengamanan seluas sekitar 500 Kilometer. Ada beberapa pos yang akan dijaga personel,beberapa diantaranya yakni melaksanakan pengamanan bersama dengan pasukan Malaysia.

“Nanti juga ada dua pos bersama yang akan dijaga antara personel Indonesia dan Malaysia, namanya pos bersama. Di lokasi pengamanan juga ada beberapa lorong-lorong yang perlu diantisipasi personel kita diduga untuk jalur ilegal, baik ilegal logging dan ilegal lainnya,” ungkapnya.

Ditambahkan Mayjen TNI Putranto, akan diberikan pengarahan dan pembelajaran pada personel kita yang akan dikirim ke perbatasan bagaimana teknik dan perlakukan agar tidak salah. Kedatangan Pangdam ke Batalyon 144 Jayayudha juga selain disambut petinggi dari Batalyon di markas Batalyon 144 Jayayudha di Kecamatan Curup Selatan, juga disambut Bupati Rejang Lebong, H A Hijazi dan perwakilan kabupaten Kepahiang dan pihak terkait lainnya.

Selain memberikan semangat pada personel yang akan diberangkatkan, Pangdam juga memeriksa sejumlah perlengkapan kesiapan personel yang akan berangkat di Pamtas perbatasan Indonesia Malaysia.

Terpisah, terkait rencana pembangunan Brigade Infanteri (Brigif) di Kecamatan Padang Ulang Tanding (PUT), Pangdam menyampaikan pembangunan rencana mulai dilaksanakan tahun depan. “Ini dalam proses, tadi sudah ketemu Bupati mudah-mudahan tahun depan mulai dibangun,” kata Pangdam.

Menurut Pangdam Brigif dinilai butuh pembangunan Brigif.

“Yang butuhkan masyarakat kita wajib memenuhi, tidak hanya di sini tapi juga di tempat lain, untuk kelengkapan Brigif ada tiga Batalyon,” tambahnya. (09)

Rekomendasi Berita