oleh

448 Orang Dapat Pelatihan Disnaker

LINGGAU POS ONLINE – 448 orang mendapatkan pelatihan kerja yang diadakan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Lubuklinggau. Selama 2019 akan ada empat periode pelatihan, satu periode terdiri dari tujuh kejuruan, satu kejuruan 16 orang peserta.

Kepala Disnaker Kota Lubuklinggau, H Purnomo kepada Linggau Pos, Jumat (12/7) mengatakan saat ini pelatihan sudah dilakukan tiga kali dan dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Lubuklinggau. Tepatnya di komplek Disnaker Kota Lubuklinggau, Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Ada beberapa kejuruan dalam pelatihan, seperti menjahit dan komputer diberikan untuk empat periode, AC dan otomotif hanya tiga kali periode. Hingga saat ini BLK Kota Lubuklinggau memiliki 15 orang pelatih.

15 orang pelatih tersebut sudah mendapatkan sertifikat dari Kementrian Ketenagakerjaan untuk menjadi pelatih.

“Sebelumnya mereka ikuti pelatihan dari Kementerian Ketenagakerjaan, setelah itu ada uji kompetensi, jika lulus baru dapat sertifikat dan layak untuk jadi pelatih,” jelas Purnomo.

Jumlah pelatih di BLK Kota Lubuklinggau terbanyak di Sumsel, oleh sebab itu BLK Kota Lubuklinggau tidak perlu melakukan penambahan instruktur.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H Rodi Wijaya, pelatihan seperti ini harus rutin dilakukan dengan tujuan untuk memberikan keahlian bagi pencari kerja. Sehingga tidak fokus mencari kerja, tapi dapat membuka peluang kerja bagi orang lain.(nia)

Rekomendasi Berita