oleh

40 Titik Lampu Jalan Hilang

Kerugian Negara Capai Rp 140 Juta

LINGGAU POS ONLINE, MESAT – Sebanyak 40 titik lampu jalan di Kota Lubuklinggau hilang, dan didominasi di Jalan Lingkar Selatan. Salah satunya di Kelurahan Mesat Seni, Kecamatan Lubuklinggau Timur II.

Kondisi ini tentunya harus secepatnya ditindaklanjuti, mengingat banyak dampak yang dirasakan warga setempat dengan tidak berfungsinya lampu jalan. Salah satunya tindak kriminal di kawasan tersebut semakin meningkat.

Seperti disampaikan salah seorang warga Kelurahan Mesat, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Yanto (31) yang mengaku sejak hilangnya lampu jalan semakin banyak aksi begal.

“Kami berharap pemerintah melalui instansi terkait, segera untuk memperbaiki lampu jalan tersebut, agar tidak menjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Lubuklinggau, H Emra Endi Kusuma, didampingi Kabid PSU, Misno mengaku ada 40 titik lampu jalan hilang khususnya solar panel atau tenaga suryanya. Sehingga lampu jalan tersebut tidak bisa berfungsi lagi.

“Untuk satu solar panel yang hilang itu harganya bisa mencapai Rp 3,5 juta. Karena solar panelnya hilang maka seluruhnya tidak bisa lagi berfungsi,” terangnya

Untuk sementara ini akan dipasang sistem lampu konvensional, kalaupun hilang lagi, yang hilang hanya berupa lumeniernya.

“Kita tidak punya kemampuan untuk menjaganya, karena minimnya PJU. Padahal untuk sistem pengamanannya sudah dipasang tapi nyatanya hilang,” ungkapnya.(20)

Komentar

Rekomendasi Berita