oleh

40 Bacaleg Terancam Gugur

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong melakukan penelitian berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), dari 16 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Ada 40 Bacaleg terancam gugur karena tidak melengkapi berkas kelengkapan persyaratan.

Informasi ini disampaikan Ketua KPU Kabupaten Rejang Lebong, Restu Wibowo didampingi Komisioner KPU Fahamsyah, dikonfirmasi Jumat (3/8) di ruang kerjanya.

Menurut Restu, Bacaleg terancam gagal menjadi Caleg ini kemungkinan bisa bertambah mengingat saat ini masih dilakukan pemeriksaan penelitian bekas persyaratan pencalonan.

“Bisa saja bertambah, kita belum selesai melakukan penelitian bekasnya,” kata Restu.

Menurut Restu Wibowo, jika dalam pemeriksaan berkas ditemukan adanya Aparatur Sipil Negara (ASN), Perangkat Desa, TNI/Polri atau BUMN yang tidak mau mengundurkan diri maka masuk dalam daftar Bacaleg bakal gugur.

“Hingga penetapan DCT 20 September 2018 mendatang tidak mengundurkan diri maka terancam gugur juga,” katanya.

Dengan ditemukannya ada 40 Bacaleg yang tidak melengkapi berkas perbaikan, saat ini jumlah dari 412 Bacaleg yang disampaikan 16 Parpol masih tersisa 372 Bacaleg yang masih dalam tahap verifikasi penelitian berkas.

Parpol yang belum melakukan perbaikan, yakni Partai Kebangkitan Bangsa 2 orang, Partai Gerindra 3 orang, Partai NasDem 1 orang, Partai Garuda 9 orang, Partai Berkarya 2 orang, Partai Solidaritas Indonesia 10 orang, Partai Amanat Nasional 6 orang, Partai Hanura 3 orang. Selanjutnya, Parta Bulan Bintang 2 orang, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia 2 orang. (09)

Rekomendasi Berita