oleh

4 JCH Tarik Dana Haji

LINGGAUPOS.CO.ID- Bagi Jemaah Calon Haji (JCH) yang ingin menarik pelunasan BPIH bisa mengajukan permohonan ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag). Sampai saat ini sudah empat JCH yang mengajukan penarikan dana haji. Dua orang JCH Kota Lubuklinggau dan dua lagi, JCH asal Musi Rawas Utara (Muratara).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau. H Azhari Rahardi melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, H Hasbi Saidina Ali membenarkan ada dua JCH yang mengusulkan pengembalian dana pelunasan haji.

“Penarikan dana pelunasan haji sudah diusulkan, dan masih dalam proses. Kemungkinan masih lama,” jelasnya.

Dikatakan Hasbi, uang yang ditarik ini hanya uang pelunasan saja, sekitar Rp10 jutaan. “Kita menyarankan untuk tidak diambil, karena tahun depan juga insya Allah bakal diberangkatkan,” jelasnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Muratara, H Ikhsan Baidjuri mengatakan hingga saat ini baru ada dua JCH yang melakukan pengambilan dana pelunasan haji.

Dijelaskannya, bahwa yang diambil kembali ini hanya uang pelunasan haji saja. “Jadi insya Allah, tahun depan yang ambil pelunasan bisa tetap berangkat, karena yang diambil uang pelunasan saja,” katanya.

Mengenai alasan dua jemaah Muratara yang mengambil pelunasan, dikatakan H Ikhsan karena untuk hal pribadi saja.

Berbeda dengan Kabupaten Muratara dan Kota Lubuklinggau. Di Kabupaten Musi Rawas belum ada jemaah yang mengambil uang pelunasan haji.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Musi Rawas, H Hermadi melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, H Asror.

“Alhamdulillah hingga saat ini, dari 156 jemaah calon haji Kabupaten Musi Rawas yang melakukan pelunasan tahun 2020 ini, tidak ada satupun yang mengambil uang pelunasan,” jelas H Asror.

Dijelaskan Asror juga, mengenai penarikan pelunasan ini pernah dilontarkannya ke grup berikut tata cara pengambilan, namun jemaah calon haji banyak yang mengatakan tidak mau ambil.

“Mereka banyak yang mengatakan untuk apa diambil, kalau tahun depan mau berangkat. Jadi sampai saat ini belum ada yang ambil uang pelunasan tersebut,”ungkapnya.(*)

Artikel ini sudah terbit di Harian Pagi Linggau Pos dengan judul”4 JCH Tarik Dana Haji”

Rekomendasi Berita