oleh

4 Hektare Hutan Lindung di Bukit Cogong Terbakar

LINGGAU POS ONLINE – Sekitar 4 hektare hutan lindung di Bukit Cogong Desa Sukakarya Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas terbakar.

Yudhi Kurniawan, warga setempat menjelaskan kebakaran terjadi sejak Minggu (15/9/2019) sekitar pukul 10.00 WIB. “Penyebabnya belum diketahui, mungkin karena udara panas dan semak-semak kering, makanya terbakar,” jelasnya Senin (16/9/2019).

Ia menambahkan yang terbakar adalah sisi timur arah Bukit Besar. “Api membesar mulai pukul 12.00 terus sampai pukul 21.00 WIB. Tiba-tiba pukul 23.00 WIB api padam dengan sendirinya,” ia mengatakan.

Yudhi menambahkan kebakaran menyebabkan sekitar 4 hektare hutan lindung yang hangus. “Lokasinya sulit dicapai. Makanya padam sendiri,” ia menjelaskan.

Terpisah Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Musi Rawas Eko Sepriwan menjelaskan pihaknya kesulitan untuk memadamkan api di lokasi. Karena tidak bisa menuju lokasi titik api.

“Kami sempat konfirmasi BPBD Sumsel, namun helikopter juga tidak bisa diterjunkan karena sedang maintenance,” ia menjelaskan.

Terpisah KUPT KHPH Bukit Cogong Edi menjelaskan diikarenakan kondisi terjal dan sulit dijangkau, akhirnya kebakaran padam sendiri.

“Tim kami sudah ke tempat kejadian kebakaran, namun api tidak bisa dipadamkan karena kondisinya terjal sehingga membahayakan petugas. Kejadian kebakaran Minggu (15/9), sekarang api sudah padam,” jelas Edi, Senin (16/9/2019).

Menurut Edi, wilayah Bukit Cogong adalah kawasan hutan lindung, sehingga terus dipantau oleh KPHP. Saat kejadian kebakaran pihaknya langsung melakukan pengecekan.

”Untuk luas lahan yang terbakar belum kami hitung, begitu juga penyebab kebakaran belum diketahui,” ungkapnya.(*)
Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita