oleh

4 Desa di Musi Rawas Zona Oranye, Jamaah di Masjid Dibatasi 50 Persen

LINGGAUPOS.CO.ID – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H Heriyanto, Pimpin Rapat Penetapan Himbauan Bersama Pelaksanaan Ibadah Puasa Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M, Senin (12/04/2021) di Ruang Rapat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas.

Dalam rapat tersebut, Kemenag Musi Rawas Muhammad Rais menyampaikan, sidang isbad untuk membahas penentuan 1 Ramadan 1442 H di Kementrian Agama.

Dikesempatan yang sama, Asisten I H Heriyanto menerangkan apabila Pemkab Musi Rawas telah membuat jadwal safari ramadan yang melibatkan Forkopimda dan pelaksanaannya di 14 masjid-masjid yang tersebar di Kabupaten Musi Rawas.

Untuk kegiatan ramadan sendiri telah turun surat edaran Kementrian Agama RI No 4 Tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatas jumlah jama’ah menjadi 50 persen dari kapasitas masjid.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinkes Musi Rawas menyampaikan, berdasarkan surat edaran Gubernur Sumsel bahwa kegiatan ramadan sesuai dengan situasi Covid 19.

Untuk Kabupaten Musi Rawas sendiri yaitu Zona Oranye yang terdiri dari 199 desa, 194 desa Zona Hijau, 4 desa Zona Kuning Desa Dwi Jaya Kec. Tugumulyo, Desa Leban Jaya Kec. Tuah Negeri, Kel. Selangit Kec. Selangit dan Desa L. Sidoharjo Kec. Tugumulyo, serta 1 Zona Merah, Desa F. Trikoyo Kec. Tugumulyo.

Sekretaris Dinkes menambahkan apabila Vaksinasi tidak menjamin aktifitas ramadan kembali normal, karena banyak masyarakat yang belum divaksin.

Kodim 0406 menanggapi hal itu agar segera membuat surat edaran bupati yang selaras dengan surat edaran kementrian untuk dibagikan ke desa dan kecamatan, sedangkan seluruh desa diberikan himbauan taat prokes, agar menjalani ramadan dengan iman yang kuat serta tubuh yang sehat.

Dalam kunjungan Pemkab Musi Rawas ke 14 Masjid di 14 desa/kelurahan, Basarnas akan membagikan bantuan kepada 20 orang  di setiap desa/kelurahan yang berhak menerima santunan.(*)

Rekomendasi Berita